Laptop

Tren Terbaru, Laptop dengan Layar Lipat

MdnTekno – Tren layar lipat sudah tidak hanya ada pada ponsel saja. Laptop dengan layar lipat. Para vendor laptop berbondong-bondong mulai menyematkan fitur dua layar atau dual screen ke laptop buatannya.

Pada tahun 2020 merupakan tahun yang tepat dengan tuntutan multitasking konsumen yang semakin meningkat. Patut anda ketahui, tren ini awalnya dengan laptop Surface Neo besutan Microsoft.

Dell kemudian meluncurkan laptop dual layar dalam dua lini laptop, yakni Dell Ori dan Dell Duet.

Loading...

Dell Ori sesungguhnya memiliki satu layar yang bisa dilipat seperti ponsel Samsung Fold atau Huawei mate X. Sedangkan Dell Duet adalah laptop dengan dua layar yang bisa dibuka-tutup.

Total lebar layar laptop Dell Ori sebelum dilipat selebar 13,4 inci. Sehingga ketika dilipat, laptop ini menjadi perangkat laptop berukuran kecil. Layarnya menggunakan panel OLED beresolusi 4K.

ThinkPad X1 Fold dari Lenovo menggunakan konsep satu layar yang bisa dilipat juga seperti Dell Ori. Laptop tidak memiliki dua layar terpisah, tapi memiliki satu panel OLED yang bisa dilipat menjadi dua.

Saat dilipat, kedua sisi layar ini dapat digunakan sebagai satu layar atau dua sisi terpisah untuk multitasking. Salah satu layar juga bisa dijadikan keyboard virtual untuk mengetik.

Lenovo ThinkPad XI Fold memiliki layar OLED 13,3 inci dengan piksel 2.048 x 1.536.

Namun apabila pengguna lebih nyaman dengan keyboard fisik, keyboard magnetik juga disediakan Lenovo. Keyboard ini bisa menempel dengan pas di salah satu layar.

Laptop satu setengah layar
Sementara itu, laptop gaming Asus ROG Zepyhrus Duo 15 menjadi salah satu laptop gaming pertama dengan layar ganda. Satu layar kecil di atas keyboard bisa digunakan untuk multitasking.

Zephyrus Duo dilengkapi ROG ScreenPad Plus berukuran 14,09 inci dilengkapi dengan layar sentuh AH-VA 60Hz UHD (3,840 x 1.110), dengan lapisan anti-silau dan dukungan stylus.

Berbeda dengan jenis dual screen lainnya, laptop ini bisa disebut memiliki satu setengah layar. Sebab layar keduanya hanya setengah, setengahnya lagi digunakan untuk keyboard.

Desain layar ini juga diterapkan oleh HP Omen X 2S yang juga merupakan ponsel gaming. Asus ZenBook Duo juga memiliki layar satu setengah ini.

Leave a Reply