Home Laptop Tips Trik Meningkatkan FPS Agar Main Game di Laptop Dan PC Tidak...

Tips Trik Meningkatkan FPS Agar Main Game di Laptop Dan PC Tidak Patah-Patah

20
0

Bukan rahasia, jika game-game terbaru grafis yang tinggi. Sayangnya, terkadang keindahan grafis itu tidak bisa benar-benar dinikmati apabila frame rate per second (FPS) mengalami penurunan. Gambar jadi patah-patah, tidak bisa lagi dinikmati secara mulus. Terkadang, turunnya FPS terjadi karena hardware dari PC tidak sanggup untuk menjalankan game dengan grafis tinggi. Akan tetapi, ternyata ada beberapa pengaturan sederhana yang bisa bikin meningkatkan atau increase FPS.

Nah, untuk bisa menikmati game dengan grafis yang tinggi ini sejumlah cara mudah untuk meningkatkan FPS di Windows :

Contents

1. Tutup aplikasi yang tidak dibutuhkan

Game sekarang ini membutuhkan resource yang cukup tinggi. Oleh karena itu, sebuah ide yang bagus, apabila kamu menutup aplikasi lain yang tidak dibutuhkan. Alhasil, resource yang tersedia jadi lebih banyak.

Kamu bisa menutup aplikasi lain dengan mudah melalui Taskbar. Biasanya, icon aplikasi yang berjalan terdapat di bagian itu.

Kamu juga bisa mengakses Task Manager untuk melihat aplikasi apa saja yang berjalan. Cara mengakses Task Manager adalah dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc. Klik tab More details dan Processes untuk mengetahui seberapa banyak sebuah aplikasi menggunakan resource.

2. Mengatur Power Options

Fitur Power Options di Windows bisa mengizinkan kamu mengubah hal yang berkaitan dengan konsumsi energi di perangkat. Jika kamu mau punya FPS yang tinggi, sebaiknya ubah pengaturan ini.

Pasalnya, dalam mode default, Windows akan memilihkan pengaturan konsumsi daya balance. Dalam pengaturan ini, Windows bakal menyeimbangkan konsumsi daya dengan performa. Jadi, performa untuk main game tidak akan maksimal.

Agar FPS bisa meningkat, sebaiknya atur Power Options menjadi High Performance. Caranya, pilih Settings > System > Power dan klik Additional Power Settings. Kemudian, klik “High Performance” agar hardware berjalan lebih maksimal.

3. Perbarui driver hardware

Driver merupakan sebuah software yang menjadi antarmuka atau penghubung antara software (game atau aplikasi lain) dan hardware di PC. Driver ini yang bisa membuat hardware berjalan optimal di aplikasi.

Seringkali, kita tidak terlalu memerdulikan update dari driver. Akan tetapi, para pengembang hardware biasanya secara rutin memberikan update driver. Tujuannya, hardware yang kamu miliki mampu menjalankan software terbaru secara optimal.

Nah, apabila kamu sudah tidak lama update driver, ada kemungkinan ini menjadi penyebab FPS low di komputer Windows kamu. Oleh karena itu, coba update driver, baik itu prosesor atau kartu grafis.

Kamu bisa mengunjungi situs web Nvidia atau AMD Radeon untuk mengetahui update driver kartu grafis. Apabila kamu menggunakan kartu grafis terintegrasi, kamu bisa mengunjungi situs web prosesor, seperti Intel.

Menariknya, Nvidia, Intel, dan AMD sudah menyediakan sebuah software yang bisa membantu kamu memperbarui semua driver dengan mudah. Kunjungi saja ketiga situs resmi itu untuk mendapatkan software-nya ya.

4. Matikan Visual Effects di Windows

Secara default, Windows hadir dengan begitu banyak efek. Hal itu bisa saja memberatkan komputer Windows kamu, apalagi jika hardware-nya tidak terlalu bertenaga. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mematikan efek yang ada di Windows. Meski tidak akan terlalu berpengaruh banyak untuk PC atau laptop dengan spek tinggi, mematikan efek ini bisa sangat membantu untuk perangkat dengan hardware rendah.

Caranya mudah, ketik “performace” di menu Start, kemudian pilih “Adjust the appearance and performance of Windows. Kemudian, pilih tab Visual Effects, pilih “Adjust for best performance”, kemudian Ok.

5. Defrag Hard Disk

Kebanyakan gamer, mungkin kamu juga, sudah menggunakan SSD untuk menjalankan game. Komponen ini bisa menjadi salah satu faktor ngebutnya sebuah game di PC kamu.

Meski begitu, tentu saja masih ada yang menggunakan harddisk untuk menyimpan game. Nah, apabila kamu ingin memperbaiki FPS di PC atau laptop berbasis Windows, defrag rutin sangat dianjurkan.

Untuk melakukan ini, silahkan ketik “defrag” di Start Menu dan klik “Defragment and Optimize Drives”. Jika sudah lama tidak melakukan proses ini, silahkan lakukan untuk meningkatkan atau up FPS.

Windows 10 sudah punya fitur otomatis untuk proses tersebut. Kamu juga bisa mengatur kapan waktu untuk proses tersebut. Oh ya, jika kamu sudah menggunakan SSD, sebaiknya jangan melakukan defrag ini ya, soalnya bisa memperpendek umur perangkat SSD.