Home Aplikasi Tips Dan Cara Hemat Kuota Saat Nonton Netflix

Tips Dan Cara Hemat Kuota Saat Nonton Netflix

110
0

Saat ini, Netflix menjadi salah satu platform video on demand yang paling banyak di gemari. Melalui Netflix, kita bisa menonton banyak sekali film dan serial televisi yang seru dan menarik. Untuk menonton film di Netflix, caranya adalah dengan streaming. Sama seperti mengakses video di YouTube, menonton film di Netflix juga membutuhkan kuota internet.

Apabila kamu menggunakan akses internet rumahan atau kantor dengan Wi-Fi atau LAN, tentu tidak masalah. Namun, bila kamu menggunakan kuota internet seluler, tentunya hal ini akan menguras kuota internet kamu. Namun kamu gak usah khawatir. Berikut beberapa langkah dan tips menghemat quota untuk nonton di Netflix.

Sebelum kamu menikmati video-video di Netflix, biasanya kualitas video yang disuguhkan adalah otomatis (Auto). Namun sejatinya ada beberapa pilihan sebagai berikut :

1. Low
Kualitas pertama adalah Low, di mana ini merupakan kualitas terendah yang disajikan oleh Netflix. Kualitas jenis ini hanya memakan kuota 300 MB per jamnya dan cocok bagi kamu yang ingin mengirit kuota atau jaringan internetnya jelek.

2. Medium
Kualitas yang berikut ini berada setingkat di atas Low. Memang masih belum sebagus kualitas High, tapi paling tidak kualitas ini tidak membuat matamu sakit. Untuk menonton kualitas Medium, hanya dibutuhkan kuota 700 MB per jam.

3. High
Kualitas yang satu ini menjadi pilihan menengah bagi penonton Netflix. Namun, untuk bisa menikmati kualitas ini kamu wajib berlangganan dengan minimal paket HD. Menontonnya pun tergantung dengan kondisi jaringan, bagus atau tidak. Kualitas jenis ini memakan kuota 3 GB per jamnya.

4. UHD 4K
Nah, kualitas yang satu ini lebih gila lagi menyedot kuotanya. Untuk kualitas ini, sepertinya kamu harus menggunakan Wi-Fi. Karena selain menyedot kuota sampai 7 GB per jamnya, kondisi jaringan kamu juga harus stabil.

Itu dia tadi sepintas gambaran mengenai kuota internet yang dipakai ketika menonton Netflix. Tapi, untungnya Netflix memberikan opsi untuk mengaturnya secara manual. Caranya adalah dengan masuk ke menu Settings yang bisa diakses melalui tombol tiga garis di pojok kanan bawah atau kiri atas. Selanjutnya kamu tinggal pilih menu Account.

Ketika kamu mengklik menu Account di aplikasi, maka Netflix akan membawamu ke situs resmi Netflix melalui browser dan dihadapkan pada halaman Pengaturan Profil. Kamu tinggal cari tab My Profile lalu bisa pilih kualitasnya dan klik tombol Save.

Sebenarnya Netflix juga menyediakan opsi mengatur kualitas lewat aplikasinya, yakni dengan pergi ke menu Settings, lalu pilih App Settings. Setelahnya klik Cellular Data Usage di bawah Video Playback. Ada empat opsi, antara lain Automatic, Wi-Fi Only, Save Data, dan Maximum Data.