Tips & Trick

Tips Menghemat Paket Atau Kuota Internet

Kebutuhan akan paket atau kuota internet di saat ini memang sudah menjadi kebutuhan primer. Di setiap aktifitas kita dengan menggunakan smartphone tentu nya membutuhkan kuota internet. Berbagai macam paket internet ditawarkan oleh operator seluler di Indonesia dengan kuota internet yang beragam.

Namun terkadang, kita di pusingkan dengan kuota internet yang boros dan cepat habis. Hal ini tentunya sangat mengganggu bagi orang-orang yang aktif di dunia maya. Nah, untuk mengatasi hal itu, berikut tips dan trik bagaimana penggunaan paket internet tidak boros.

1. Matikan auto-download atau auto-update

Loading...

Kamu termasuk pengguna yang memiliki banyak aplikasi di dalam smartphone? Kalau begitu, pastikan kamu mematikan fitur auto-download atau auto-update yang ada di toko aplikasi digitalmu, seperti Google Play Store dan App Store. Karena jika tidak dimatikan, maka smartphone akan secara otomatis akan memperbarui aplikasi yang kamu miliki. Semakin banyak aplikasi yang minta diperbarui maka akan semakin banyak kuot internet yang akan tersedot. Kalaupun kamu ingin agar aplikasimu tetap update, maka kamu bisa memilih opsi update dengan hanya menggunakan koneksi Wi-Fi. Aplikasi akan secara otomatis diperbarui jika ponselmu tersambung ke Wi-Fi.

2. Gunakan mode offline

Untuk bisa menghemat, cara pertama adalah dengan menggunakan mode offline yang ada di sejumlah aplikasi. Sebagian besar aplikasi yang kamu pakai mungkin selalu bersinggungan dengan internet. Tapi, ada juga kok aplikasi-aplikasi yang menyediakan mode offline. Adapun aplikasi yang dimaksud antara lain, YouTube, Google Maps, dan Netflix. YouTube, sejak beberapa tahun belakangan menghadirkan fitur download. Fitur ini dimaksudkan agar penggunanya bisaa menikamti konten secara offline tanpa mengandalkan internet.

Begitu juga dengan Netflix. Kamu bisa memanfaatkan Wi-Fi yang ada di rumah, kampus, atau kantor untuk mengunduh terlebih dahulu video yang ingin kamu tonton. Untuk Google Maps, kamu juga bisa mengunduh peta wilayah yang biasa kamu lewati untuk nantinya kamu tak perlu lagi menggunakannya secara online. Selain aplikasi yang disebutkan tadi, aplikasi streaming musik seperti Spotify juga bisa dipakai dengan cara yang sama.

3. Nyalakan notifikasi peringatan data

Menghemat paket internet sejatinya dimulai dari dalam diri. Kamu harus membatasi penggunaan internet dengan menyesuaikan pengeluaran untuk membeli paket internet. Agar tidak kebablasan dalam penggunaan, kamu bisa kok mengaktifkan notifikasi peringatan. Notifikasi peringatan ini biasanya bisa kamu temui dengan membuka menu Setting di HP-mu. Atur penggunaan data yang kamu mau. Semisal kamu ingin agar dalam sebulan hanya menggunakan 3 GB kuota, maka atur di angka yang dimaksud. Nantinya akan ada notifikasi peringatan jika pemakaian sudah mencapai angka yang dimaksud.

4. Pakai browser yang efisien

Tahukah kamu jika browser yang kamu pakai ternyata juga menjadi sumbangsih besar terhadap borosnya paket internet kamu? Nah, agar mencegah hal itu terjadi, kamu harus cermat dalam memilih browser yang sesuai. Ada beberapa browser yang ternyata hemat penggunaan kuota internet, salah satuya adalah Opera Mini. Banyak yang merekomendasikan browser ini dan sudah terbukti ampuh menghemat kuota internetmu. Nah, selain Opera Mini, kamu juga bisa menggunakan Google Chrome. Namun, ada beberapa penyesuaian ketika menggunakan Google Chrome. Caranya adalah membuka menu setting dan aktifkan data saver.

5. Matikan paket data

Opsi berikutnya yang bisa kamu terapkan adalah dengan mematikan paket data. Hampir di semua smartphone saat ini sudah pasti ada opsi untuk mematikan paket data atau koneksi internet. Tujuannya sudah pasti untuk menghemat. Pakailah koneksi internet hanya ketika kamu butuhkan saja. Jika tidak dibutuhkan, maka sebaiknya dimatikan. Seperti misalnya, pada saat kamu tertidur atau sedang berada di dalam perjalanan. Dengan mematikan sejenak paket data, maka minimal sudah bisa menghemat.

Sekadar informasih, ada beberapa aplikasi yang terus berjalan di background dan menyedot kuota internetmu. Kamu juga bisa memanfaatkan Wi-Fi yang ada di lingkungan sekitarmu, seperti di kantor, rumah, dan lainnya. Namun, kamu harus berhati-hati dalam menggunakan Wi-Fi publik. Pastikan jangan melalukan transaksi perbankan. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya peretasan. Pastikan juga kamu mematikan koneksi Wi-Fi jika sudah tak menggunakannya untuk menghindari smartphone terus mencari sinyal Wi-Fi yang berakibat pada borosnya baterai HP.

Leave a Reply