Home Tips & Trick Cara Menambah Ringtone MP3 Notifikasi Di Android

Cara Menambah Ringtone MP3 Notifikasi Di Android

295
0

Umumnya, smartphone yang kita miliki sudah secara otomatis menyediakan beberapa ringtone yang memang disediakan khusus bagi pengguna smartphone tersebut untuk dijadikan sebagai nada dering atau notifikasi nantinya.

Namun, ada kalanya bagi beberapa orang muncul rasa bosan dan mempunyai keinginan untuk mengganti nadadering bagi ringtone notifikasi nya agar dapat memberi suasana baru. Kadang juga dilatarbelakangi karena ringtone yang disediakan biasanya akan sama dengan pengguna smartphone dengan merk yang sama juga.

Lantas bagaimana cara untuk dapat menambahkan ringtone lagu MP3 yang kita inginkan untuk dapat dijadikan sebagai notifikasi di smartphone android?

Baca Juga: Cara Mematikan Dan Mengaktifkan Getar Keyboard HP Samsung

Berikut akan dijelaskan cara untuk menambah ringtone MP3 notifikasi di android:

  1. Siapkanlah terlebih dahulu lagu mp3 yang akan digunakan untuk ringtone notifikasi android nantinya. Jika Anda sudah mempunyai lagu MP3 yang akan dijadikan ringtone notifikasi maka Anda bisa langsung memilihnya, namun jika Anda belum mempunyai lagu MP3 yang akan dijadikan ringtone notifikasi maka Anda bisa mendownload nya terlebih dahulu sesuai dengan yang anda inginkan.
  2. Kemudian bukalah aplikasi file manager yang sudah ada di masing-masing smartphone Anda.
  3. Pilihlah menu memori internal atau penyimpanan internal.
  4. Carilah folder Notifications.
    Jika kita membuka folder memori internal atau penyimpanan internal maka kita akan langsung menemukan folder yang bernama Notifications. Jika ternyata tidak terdapat folder tersebut maka kita harus membuat dulu folder tersebut dengan cara membuka file manager kemudian pilih memori internal dan langsung saja buat folder baru dengan nama Notifications. Biasanya folder yang baru dibuat akan berada di bagian luar pada memori internal, untuk memastikan folder ini sudah terbuat dengan sempurna maka Anda bisa mencoba untuk menutup file manager kemudian bukalah kembali file manager tersebut dan bukalah memori internal kemudian langsung saja cari folder yang baru dibuat yakni Notifications tanpa masuk ke folder apapun sebelumnya.
  5. Jika semua langkah sudah dilakukan kemudian bukalah kembali aplikasi file manager lalu carilah ringtone MP3 yang sudah di download sebelumnya (file yang telah di download biasanya tersimpan di folder download atau unduh)
  6. Langkah terakhir kita tinggal memindahkan file MP3 yang sudah di pilih dengan cara menekan tahan pada file riaume com ringtone notifikasi.mp3 kemudian pilihlah pindah atau cut.
    Jika sudah langsung saja pindahkan ringtone MP3 tersebut ke dalam folder memori internal lalu notifications. Pastikan untuk file MP3 tersebut sudah terpindah di folder notifications.
  7. Kemudian aktifkan ringtone MP3 ke smartphone android dengan cara membuka menu settings kemudian pengaturan lalu setelan di android dan pilih sound & Notifications atau suara dan notifikasi.
  8. Jika sudah masuk ke menu pengaturan suara dan notifikasi selanjutnya pilih menu dering notifikasi default lalu scroll terus ke bawah dan lihat jika terdapat pilihan suara notifikasi riaume com ringtone notifikasi langsung pilih OKE pada pilihan tersebut.
  9. Maka secara otomatis lagu MP3 yang sudah Anda pilih tadi akan langsung masuk ke dalam daftar ringtone notifikasi smartphone android Anda.
  10. Jika di kemudian hari Anda ingin menambahka lagi lagu MP3 untuk dapat dijadikan ringtone notifikasi maka Anda tinggal mengcopy MP3 yang di inginkan tersebut kemudian langsung pindahkan saja ke folder Notifications yang sudah dibuat di awal langkah sebelumnya.

Demikian merupakan beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk dapat menambah ringtone MP3 notifikasi di smartphone android kamu.