Home Tips & Trick 5 Cara Mencegah Smartphone Dicuri Maling

5 Cara Mencegah Smartphone Dicuri Maling

115
0

Untuk mendapatkan atau membeli smartphone, mungkin semua orang dapat membelinya sesuai dengan kemampuan mereka, tetapi setelah kita memilikinya, tugas kita selanjutnya adalah menjaga agar smartphone tidak hilang atau dicuri oleh orang yang tidak bermoral.

Di beberapa negara seperti negara berkembang kasus pencurian smartphone seperti penjambretan sering terjadi karena sikap pemilik yang kurang hati-hati. Kami sering menemukan remaja menggunakan smartphone Android di tempat-tempat umum dengan gaya yang melupakan lingkungan sekitarnya, sehingga lebih mudah bagi pencuri untuk melakukan kapak mereka.

Pada kesempatan ini saya akan membagikan beberapa tips tentang cara mencegah pencurian ponsel android belakangan ini.Untuk mencegah ponsel Anda agar tidak mudah dicuri oleh orang lain di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, itu cukup mudah tetapi penting untuk dilakukan agar Anda terhindar dari pencurian ponsel cerdas.

1. Selalu aktifkan GPS atau lokasi di ponsel pintar Android Anda

Setiap perangkat seluler, terutama smartphone yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, tentu saja sudah memiliki menu untuk mengaktifkan GPS atau lokasi, fitur ini digunakan untuk memberikan sinyal yang dapat langsung terhubung ke satelit untuk menentukan lokasi smartphone. Atau biasanya banyak orang menggunakan fitur GPS untuk mencari cara menggunakan Google Maps.

Jika Anda menjadi korban pencurian, Anda dapat dengan mudah melacak keberadaan smartphone jika GPS di smartphone aktif. Anda dapat melacak smartphone menggunakan Find My Device di PC menggunakan akun google yang sama di smartphone untuk melacak jejak terakhir lokasi smartphone.Karena itu untuk mencegah kehilangan ponsel cerdas Anda, Anda harus selalu mengaktifkan fitur GPS atau lokasi pada ponsel cerdas.

2. Pastikan Smartphone Android Anda Selalu Dekat Anda

Kasus kehilangan smartphone selalu didominasi oleh pemiliknya yang meninggalkan smartphone di tempat umum. Ini sering terjadi ketika Anda duduk di kafe atau restoran dan kemudian pergi tanpa memeriksa barang bawaan Anda dan meninggalkan smartphone di atas meja tempat Anda duduk.Jika ini terjadi tentu akan memicu niat jahat seseorang untuk mengambil smartphone yang pada akhirnya akan merugikan Anda sendiri. Jadi pastikan smartphone selalu ada di dekat Anda atau di saku celana Anda.

Baca Juga: Cara Cek HP Oppo Asli Atau Palsu

3. Jangan Gunakan Smartphone Saat Berjalan

Hindari menggunakan ponsel pintar seperti membalas obrolan atau bermain media sosial saat berjalan di tempat umum sehingga Anda terhindar dari pencurian. selain mengganggu pengguna jalan lain, pastinya Anda tidak akan fokus pada lingkungan sekitar kapan saja penjarahan dapat terjadi seperti smartphone yang tiba-tiba dicuri oleh orang asing.

4. Tetap Fokus Saat Di Tempat Umum

Di tengah perkembangan teknologi saat ini seperti Go Car, Grab dan Uber, tentu saja masih ada yang setia menggunakan transportasi umum. Khususnya di negara maju, angkutan umum seperti kereta bawah tanah masih memiliki pelanggan setia untuk menghindari lalu lintas yang selalu menjadi masalah utama di setiap negara.

Ketika berada di transportasi umum, pastikan fokusnya dipertahankan dan selalu memperhatikan lingkungan di sekitar Anda karena pada transportasi umum ada berbagai macam orang dengan karakter berbeda dengan minat berbeda.Selalu menjaga barang berharga dan ponsel Anda untuk menghindari pencurian ponsel di tempat umum.

5. Selalu Aktifkan Fitur Kunci Smartphone

Malas mungkin alasan klasik bagi seseorang untuk tidak menggunakan kunci pada smartphone, ya memang jika kita menggunakan kunci layar pada smartphone itu akan sedikit menyusahkan karena selalu memasukkan kata sandi ketika Anda ingin membuka layar.Tapi saya pikir jika Anda terbiasa dengan ini tidak akan menjadi masalah.

Jangan sampai malas menjadi sebuah bencana ketika smartphone telah dicuri, data privasi Anda dikenal sebagai pencuri dan mungkin tersebar di dunia maya yang dapat membuat ancaman untuk Anda. Jadi pastikan smartphone menggunakan kunci layar untuk menghindari pencurian data pada ponsel Anda.