Home Tips & Trick Cara Download Foto Dari DM Instagram

Cara Download Foto Dari DM Instagram

78
0

Saat ini, Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling di gandrungi anak muda milenials Indonesia. Mengutamakan fitur tampilan foto dan video, Instagram menjadi sangat menarik. Namun tahukah kamu? Jika foto dan video yang di upload ataupun yang dikirim via Direct Message (DM) oleh teman kita di Instagram tidak bisa begitu saja kita ambil.

Seperti diketahui, fitur direct message (DM) di Instagram sudah semakin populer digunakan sebagai salah satu media komunikasi antarpengguna. Tidak menutup kemungkinan bahwa fitur DM Instagram ini juga nyaris menggantikan fitur chat yang biasanya dilakukan lewat WhatsApp atau LINE. Meningkatnya fungsi DM di Instagram ini semakin signifikan sejak diluncurkannya fitur Instastory karena cerita yang diposting bisa memicu terjadinya percakapan. Selain mengobrol, kamu juga mungkin berkirim foto lewat DM Instagram.

Berikut ini cara download foto dari DM Instagram :

1. Foto yang dikirim harus berupa lampiran

Bagaimana kamu menyimpan foto atau gambar yang dikirimkan teman melalui DM Instagram? Saat ini, cara paling mudah untuk menyimpan sebuah gambar dari layar HP dilakukan dengan screenshot. Terlebih lagi jika dilakukan melalui Instagram, cara menyimpan foto dari Instastory yang hanya berdurasi beberapa detik adalah dengan cara screenshot.

Namun, pada praktiknya kamu bisa menyimpan gambar dengan download langsung dari halaman DM Instagram. Syaratnya foto yang bisa disimpan harus dikirim berupa lampiran yang dikirim dengan menekan ikon image di bagian sudut kanan bawah (di sebelah ikon GIF).

2. Menyimpan foto dengan force touch

Tanpa perlu screenshot, kamu bisa mengunduh (download) foto dari DM Instagram dengan satu langkah mudah. Jika kamu sudah mendapatkan kiriman gambar dalam bentuk lampiran, berikut langkah yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan gambar.

  • Pada foto yang dilampirkan, tekan dan tahan (force touch) pada bubble foto.
  • Jika kamu sudah ditekan, akan muncul tulisan ‘Unsend’ dan ‘Save’.
  • Untuk menyimpan, cukup pilih Save.
  • Gambar atau foto akan langsung tersimpan pada galeri HP kamu.

Tidak hanya untuk sekedar bercakap-cakap melalui Instastory, sekarang kamu juga bisa mengirimkan lampiran foto dengan lebih praktis. Jika kamu ingin mengirimkan foto yang kamu post di Instastory, tidak perlu pindah aplikasi dulu untuk mengirimkannya kembali ke orang lain.

3. Menerima kiriman foto lampiran

Sebagaimana kamu hanya bisa melakukan langkah ini dengan menyimpan foto dari lampiran DM Instagram, ada perbedaan saat mengirimkan foto tersebut.

Jika kamu mengirimkan foto dari DM Instagram, pada sudut kanan kiri bawah ada ikon kamera yang bisa digunakan untuk mengirim foto. Foto yang dikirimkan juga bisa dipilih dari galeri HP kamu, tetapi tampilannya hanya akan berupa story dan hanya bisa dilihat beberapa detik saja.

Namun, foto yang dikirimkan dengan menggunakan tombol lampiran akan muncul di dalam tampilan sebuah bubble percakapan. Foto yang dilampirkan dengan cara inilah yang bisa kamu simpan ke dalam galeri HP melalui fitur force touch.

4. Menyimpan foto tanpa screenshot di iPhone

Tekan dan tahan tombol sleep/wake di sisi kanan gadget kamu, lalu ikuti dengan menekan tombol home. Lepas tombol secara bersamaan, dan layar akan berkedip putih dengan indikasi bahwa kamu sudah berhasil melakukan screenshot. Hasilnya akan langsung tersimpan di dalam galeri multimedia kamu.

Tidak seperti opsi screenshot yang bisa kamu lakukan di laptop/desktop, kamu juga bisa menangkap keseluruhan layar. Jika kamu membutuhkan screenshot untuk sebagian layar saja, kamu bisa melakukan editing dengan menggunakan tools di galeri handphone atau pun aplikasi pihak ketiga.