Home Tips & Trick Cara Mengunci WhatsApp Dengan Sidik Jari di HP Android dan Iphone

Cara Mengunci WhatsApp Dengan Sidik Jari di HP Android dan Iphone

247
0

Salah satu aplikasi untuk mengirim chat atau bahkan untuk melakukan panggilan suara dan video adalah WhatsApp. Pada beberapa situasi rasanya kita perlu untuk melakukan antidipasi terjadinya hal yang buruk dengan cara mengunci aplikasi WhatsApp tersebut dengan harapan agar hanya kita saja yang dapat mengakses atau membuka aplikasi tersebut.

Mengunci WhatsApp Dengan Sidik Jari Di HP Android Dan Iphone

Berikut merupakan cara untuk mengunci WhatsApp dengan sidik jari di HP android dan iPhone:

1. Langkah Pertama

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk mengunci WhatsApp dengan sidik jari bagi pengguan smartphone android adalah dengan membuka terlebih dahulu aplikasi WhatsApp. Jika sudah terbuka kemudian ketuk menu dengan tanda titik tiga secara vertical yang terletak di bagian sisi pojok kanan atas pada tampilan aplikasi WhatsApp. Setelah kita mengetuk menu tersebut akan terdapat beberapa pilihan, pilih menu setelan atau settings kemudian klik account atau akun lalu menu privacy.

Jika sudah kemudian pilih kunci sidik jari atau fingerprint lock lalu kita tinggal mengkonfirmasi sidik jari kita masing-masing. Di tahap ini kita juga dapat mengatur ingin berapa menit jeda waktu yang akan digunakan nantinya untuk mengaktifkan fitur sidik jari ini, yaitu kunci segera setelah 1 menit serta kunci segera setelah 15 menit dan setelah 30 menit. Nilai minus dari fitur sidik jari pada aplikasi WhatsApp ini adalah fitur sidik jari ini hanya dapat digunakan untuk satu sidik jari saja.

2. Langkah Kedua

Bagi pengguna iPhone langkah untuk mengaktifkan fitur kunci dengan menggunakan sidik jari pada aplikasi WhatsApp adalah dengan membuka terlebih dahulu aplikasi WhatsApp pada iPhone Anda, kemudian pilih menu setting atau pengaturan yang terletak di sisi kanan bagian bawah. Kemudian pilih menu account lali klik privacy selanjutnya pilih kunci layar atau screen lock. Jika sudah, selanjutnya adalah dengan mengetuk tombol geser agar dapat mengaktifkan Touch ID.

Nah, sekarang kita dapat membuka aplikasi WhatsApp dengan menggunakan fitur sidik jari yang telah di buat sebelumnya di Touch ID. Sama halnya dengan di smartphone android, kita juga bisa mengatur jeda waktu yang digunakan untuk mengaktifkan fitur sidik jari ini dengan pilihan kunci segera setelah 1 menit, setelah 15 menit serta kunci segera setelah 30 menit.

3. Langkah Ketiga

Cara lainnya untuk mengunci aplikasi WhatsApp dengan menggunakan sidik jari adalah dengan menggunakan suatu aplikasi yaitu aplikasi smartphone AppLock-Fingerprint. Jika kalian belum mempunyai aplikasi ini maka terlebih dahulu kalian dapat menginstalnya di google play.

Jika sudah terinstal kemudian buka aplikasi AppLock-Fingerprint tersebut lalu buatlah Master PIN terlebih dahulu untuk mengantisipasi jika nantinya di kemudian hari Anda tidak dapat menggunakan fitur sidik jari. Selanjutnya klik yes yang terdapat pada kolom pertanyaan. Jika sudah kemudian klik tanda + yang terdapat di bagian bawah lalu cari aplikasi WhatsApp kemudian klik lagi tanda + tersebut yang terdapat di bagian bawahnya. Selanjutnya akan muncul suatu notifikasi, kita tinggal mengeklik perintah OK. Kemudian kita akan diarahkan ke Usage Acces lalu carilah aplikasi AppLock-Fingerprint dan untuk mengaktifkannya kita tinggal klik ON saja.

Yang perlu di ingat untuk cara nomor 1 dan 2 kita diharuskan untuk mengupdate aplikasi WhatsApp yang paling terbaru untuk dapat mengaktifkan fitur ini. selain itu smartphone kita juga harus mendukung dengan sudah terdapat fitur fingerprint atau sidik jari.

Baca Juga: Cara Mengunci Aplikasi Di Android

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengunci aplikasi WhatsApp dengan menggunakan sidik jari di HP android dan iPhone.