Tips & Trick

Jangan Keburu Panik Duluan! Lakukan Aja Hal Ini Saat WA Diretas

Saat whatsapp atau WA sedang diretas oleh hacker, hal ini tak sedikit membuat orang mendadak panik. Di samping itu, korban peretasan juga sudah cukup banyak. Bahkan seiring berjalannya waktu, semakin bertambah pula oknum yang menjadi korban tindakan peretasan media sosial WA.

Lebih parahnya lagi, segelintir orang yang berhasil meretas akun WA bahkan bisa menyebarkan berita bohong atau hoaks. Sehingga hal ini tentu dapat merugikan banyak orang. Sebagai contoh, akun anda bisa saja mengirimkan sejumlah konten yang berbau seksual kepada orang lain atau kepada seluruh kontak WA. Hal tersebut bbisa saja  terjadi apabila akun anda jatuh kepada orang yang tak bertanggungjawab.

Nah bila anda menjadi korban peretasan whatsapp,, berikut hal yang bisa anda lakukan antara lain:

Loading...
  • Install Ulang WA

Saat WA diretas langkah pertama yang bisa anda lakuka untuk mengembalikan akun WA adalah dengan cara melakukan un-install aplikasi. Lalu unduh kembali aplikasi whatsapp dan masuk menggunakan nomor pribadi anda. Laksanakan proses masuk akun WA seperti biasanya dan lakukan perintah dari WA. Masukkan kode OTP. Nah jika anda sudah berhasil kembali masuk ke akun WA maka oranglain yang berhasil masuk dengan cara login otomatis akan keluar dengan sendirinya.

  • Kirim Email ke Pihak Whatsapp

Bila anda sudah benar-benar tidak bisa lagi login ke akun WA maka anda bisa mengirim email ke pihak whatsapp. Email tersebut berisikan keterangan bahwa akun anda telah mendapat retasan. Kemudian minta pihak whatsapp agar menonaktifkan akun anda. Karena peretas bisa saja menyalahgunakan akun ada untuk hal-hal yang sifatnya merugikan anda maupun orang lain.

Atau ikuti penduan seperti ini. Kirimkan email ke alamat support@whatsapp.com. Kemudian tulis subjek email dengan isi “Lost/Stolen: Please Deactive My Account” dan tulis juga pada body email pesan singkat seperti Lost/Stolen: Please Deactive My Account +62***. Anda tinggal menunggu pihak whatsapp menonaktifkan akun anda setelah megirimkan email.

Lihat Juga: Cara Atasi Celah Keamanan Penting Pada Sistem Whatsapp

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan ketika whatsapp atau WA merasa ada yang meretas.

Leave a Reply