Home Laptop Cara Reset Windows 10 Agar PC Dan Laptop Kamu Tidak Lemot

Cara Reset Windows 10 Agar PC Dan Laptop Kamu Tidak Lemot

75
0

Bukan rahasia, penggunaan laptop dan pc yang lama bisa menyebabkan melambatnya pc dan laptop itu sendiri karena menumpuknya berkas-berkas sampah (junk) yang tidak dibersihkan. Selain itu, OS juga bisa mengalami penurunan performa sebab berkas sisa program yang pernah diinstal, registry yang memenuhi sistem, dan lain-lain.

Untuk menghindari hal tersebut, kita bisa mereset pc dan laptop kita agar kinerja nya bisa kembali membaik. Nah, jika kamu adalah salah satu pengguna yang ingin melakukan reset Windows terutama Windows 10, berikut cara mereset nya :

Cara reset Windows 10 tanpa aplikasi tambahan

Backup data terlebih dahulu
Langkah reset yang akan kamu lakukan dengan mengikuti cara di artikel ini akan menghapus program atau software pihak ketiga yang sudah kamu instal, seperti misalnya video game, aplikasi pengedit dokumen, browser, dan lain-lain.

Untuk itu, sebelum melakukan reset ada baiknya kamu lakukan pencadangan atau backup dengan cara seperti di bawah ini:

Klik Start > Control Panel > System and Security > Backup and Restore

Akan ada beberapa opsi yang ditampilkan Windows, yakni:

Set up backup, opsi ini diperuntukkan bagi kamu yang belum pernah menggunakan fitur pencadangan, atau baru menggunakan sistem operasi Windows.

Create a system image, opsi ini ditujukan untuk membuat berkas yang berisi informasi terkait komputer kamu di keadaan tertentu.

Create a system repair disc, opsi ini adalah pilihan untuk membuat berkas yang bisa digunakan untuk memperbaiki Windows.

Disarankan untuk menyimpan berkas pencadangan ini di media penyimpanan eksternal atau di drive yang berbeda dari drive Windows diinstal yang umumnya terletak di drive C:\, jadi sebaiknya kamu hindari drive ini untuk menyimpan data backup. Ini ditujukan untuk menghindari terjadinya kerusakan berkas data hasil backup.

Tunggu beberapa saat hingga proses pencadangan selesai, kemudian kamu bisa lanjut ke proses reset Windows 10 pada langkah berikutnya.

Mulai reset Windows 10
Microsoft menyematkan fitur Fresh Start sebagai bagian dari program bawaan Windows Defender. Fitur Fresh Start ini akan membersihkan semua berkas sistem di OS Windows 10 kamu menjadi seperti baru tanpa program tambahan, yang pastinya bisa meningkatkan kecepatan dan performa Windows 10 kamu dari yang sebelumnya lemot.

Cara me-reset Windows 10 dengan Fresh Start adalah sebagai berikut:

Buka Settings > Update & security > Windows security > Open Windows Defender Security Center > Device performance & health > Fresh start > Additional info

Di laman Fresh start, klik Get started dan pilih Yes ketika kotak dialog User Account Control muncul.

Proses instalasi ulang Windows 10 ini akan memakan waktu sekitar 20 menit, bisa lebih cepat atau lebih lama tergantung kecepatan komponen PC atau laptop kamu. Begitu selesai, Fresh start akan memberi tahu daftar program yang dihapus sehingga kamu tahu aplikasi mana yang harus diinstal ulang.

Itulah tadi cara reset Windows 10 untuk kamu yang ingin kembali menikmati PC dan laptop yang lebih cepat dan responsif seperti baru. Tidak sulit, bukan?