Home Tips & Trick Cara Reset iPod Touch Tanpa Data Hilang

Cara Reset iPod Touch Tanpa Data Hilang

99
0

Tak bisa di pungkiri, jika iPod Touch merupakan salah satu perangkat mendengarkan musik yang paling hits ingga saat ini. Keren nya, iPod Touch terus melakukan pengembangan dan penyesuaian fungsinya agar bisa diatur sesuai perkembangan kebutuhan dari waktu ke waktu.

Bagi kamu yang sudah lama menggunakan iPod Touch, data di dalam iPod kamu mungkin sudah ketinggalan zaman sehingga kamu ingin mengubah pengaturan akun dan beberapa aplikasi ke keadaan semula. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan soft reset. Berikut ini cara reset iPod touch tanpa kehilangan data lagu di dalamnya.

Cara melakukan Soft Reset pada iPod Touch

Untuk melakukan soft reset dan mengembalikan data perangkat menjadi kondisi semula, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Tekan tombol Power dan Home pada saat yang bersamaan hingga iPod melakukan proses reset
  • Tunggu waktu untuk melakukan reset perangkat, biasanya sekitar 10 detik atau lebih.
  • Setelah memaksa perangkat melakukan proses soft reset, kamu akan melihat logo Apple muncul di layar sebagai penanda rebooting telah berhasil.

Saat langkah ini sudah berhasil dilakukan, kamu tidak perlu mengembalikan backup data dari iPod Touch atau melakukan sinkronisasi data lagu iTunes, audiobook, aplikasi, dll.

Reboot iOS tanpa menghapus data pembelian

Langkah ini bisa dilakuakan apabila iPod kamu sudah seringkali mengalami masalah, dan mungkin terjadi kendala pada sistem operasinya. Jika demikian, kamu perlu mencoba untuk mengembalikan keadaan perangkat ke posisi semula.

Daripada menghapus dan mengubah menjadi mode pabrikan, langkah soft reset memungkinkan kamu untuk tetap menyimpan semua histori pembelian iTunes Store. Proses ini akan memaksa perangkat untuk me-reboot sistem operasi saja. Jadi, data multimedia tidak akan ikut terhapus.

Langkah ini merupakan proses non-destruktif yang akan memastikan kamu untuk mendapatkan iPod touch dalam versi lebih nyaman. Meski demikian, kamu tidak akan mengalami risiko kehilangan data multimedia apa pun di dalam iPod Touch, baik lagu, audiobook, podcast, dll.

Perangkat iPod tidak menyala

Jika perangkat iPod kamu bahkan tidak menyala, pastikan terlebih dahulu pasokan daya yang cukup. Dalam situasi ini, sebenarnya kamu hanya perlu mengisi ulang daya untuk mulai menggunakan iPod Touch lagi.

Jika perangkat masih tidak mau menyala, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Colokkan iPod Touch ke port USB dengan menggunakan kabel yang disertakan dengan perangkat Apple
  • Periksa konektivitas kabel yang menyambungkan iPod Touch ke sumber listrik.
  • Saat iPod Touch tersambung ke komputer atau adaptor daya, kamu mungkin harus menunggu hingga 5 menit sebelum melihat ikon baterai muncul sebagai indikator.

Melakukan factory reset pada iPod touch

Masih tidak melihat ikon indikator baterai muncul setelah 5 menit? Setelah ini terjadi, kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan restore perangkat iPod touch. Namun, langkah ini akan membuat perangkat terhapus ke dalam kondisi default, maka berhati-hatilah sebelum melakukannya.

Pastikan juga bahwa kamu sudah melakukan pencadangan (backup) data dari iTunes Library. Tidak hanya itu, cadangkan juga data pada perangkat penyimpanan eksternal untuk mencegah kehilangan data yang tersimpan di dalam cloud.

Baca Juga: Cara Menghentikan Aplikasi Di Android

Setelah mempertimbangkan kondisi perangkat, kamu bisa mengidentifikasi langkah apa yang perlu dilakukan untuk memulihkan iPod touch.