Home Laptop Cara Reset ID Apple Dari iPhone, iPad, Mac Dan Situs iCloud

Cara Reset ID Apple Dari iPhone, iPad, Mac Dan Situs iCloud

123
0

Jika kamu pengguna perangkat macOS atau iOS, tentunya anda harus memiliki Apple ID untuk dapat login menggunakan perangkat tersebut. Apple ID dikenal juga dengan istilah akun iCloud. Nah, keduanya hanya berbeda penyebutan saja. Pada dasarnya kedua sebutan ini merupakan sebuah fitur yang sama. Terkadang, ada pengguna yang lupa mengenai detail akun Apple ID yang dimiliki. Oleh karena itu, ketahui cara reset password Apple ID yang bisa kamu lakukan lewat berbagai perangkat.

Cara Reset Password Apple ID atau iCloud
Saat kamu mengikuti tutorial di hampir semua website, biasanya mewajibkan pengguna untuk melakukan two-factor authentication (TFA). Langkah-langkah verifikasi yang bisa dilakukan setelah kamu menggunakan fitur TFA akan bisa diakses dengan lebih aman dan mudah.

Akses akun iCloud dan Apple ID kamu hanya dapat digunakan melalui perangkat yang sudah diverifikasi seperti iPhone atau iPad. Saat login ke perangkat baru untuk pertama kalinya, kamu akan diminta untuk memasukkan kata sandi dan kode verifikasi enam digit yang dikirimkan pada perangkat yang terintegrasi. Jadi, kamu tidak perlu lagi melakukan verifikasi atau mengatur ulang kata sandi akun.

1. Reset Password iCloud dari iPhone atau iPad
Apabila kamu menggunakan perangkat yang sudah update ke versi iOS 10 atau setelahnya, lakukan langkah-langkah berikut ini.

– Buka menu Settings dari aplikasi

– Klik nama perangkat kamu> Password & Security> Change password

– Ketikkan enam digit kode nomor (passcode) untuk membuka akses perangkat

– Saat muncul jendela ‘Change password’, ketikkan password baru yang ingin kamu buat

– Tekan Change

Pastikan untuk membuat password yang tidak mudah ditebak. Biasanya, kamu tidak bisa memasukkan kembali password yang sebelumnya sudah pernah kamu jadikan password. Kamu juga bisa menggunakan kombinasi huruf, angka, dan penggunaan huruf kapital untuk memperkuat keamanan password kamu.

2. Reset Apple ID dari Mac
Nah, kalau kamu lebih nyaman melakukan pengaturan lewat MacBook, Apple ID juga bisa di-reset menggunakan Mac dengan langkah-langka berikut.

– Buka menu Apple> System Preferences

– Klik iCloud

– Pilih Account Details

– Pilih tab Security, lalu klik Change Password

– Klik tombol Change Password, lalu masukkan password admin Mac (yang biasanya dipakai saat pertama kali menyalakan MacBook atau iMac)

– Jika sudah mengaktifkan two-factor authentication, kamu akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi

– Setelah selesai, klik Change

3. Cara Reset Apple ID lewat situs iCloud
Sebagaimana sudah disebutkan sejak awal, Apple ID dan akun iCloud pada dasarnya merupakan dua hal yang sama. Ya, penyebutannya saja yang berbeda sesuai dengan konteks penggunaan dan kebiasaan. Oleh karena itu, kamu juga bisa langsung melakukan reset password dari situs iCloud dengan langkah-langkah berikut.

– Buka https://iforgot.apple.com/password/verify/appleid dari browser

– Masukkan Apple ID kamu, lalu klik Continue

– Masukkan nomor telepon yang kamu gunakan dengan Apple ID

– Klik Continue

– Temukan instruksi untuk menyetujui akses perangkat, lalu klik Allow saat muncul pesan untuk melakukan Reset Password

– Masukkan passcode iOS atau password admin MacOS kamu, klik Continue

– Buat password baru dan masukkan kembali pada kolom Verify, klik Change atau Next

Baca juga: Cara Screenshot pada MacOS Mojave dengan Fitur Perekam Baru

Dengan cara ini, kamu sudah berhasil melakukan reset password Apple ID atau iCloud untuk bisa digunakan mengakses berbagai layanan Apple lagi. Jadi, tidak perlu panik kalau lupa password Apple ID, asalkan sudah melakukan two-factor authentication, kamu bisa melakukan proses reset dengan lebih mudah.