Home Aplikasi Cara Praktis Memberi Password Dan Mengunci File Excel

Cara Praktis Memberi Password Dan Mengunci File Excel

93
0

Dari beberapa fitur microsoft, aplikasi micorsoft excel merupakan salah satu yang paling sering di gunakan selain micorsoft word. Pada dasarnya, aplikasi ini berguna untuk mereka yang bekerja mulai dari bidang ekonomi hingga dunia kreatif dan tentunya bersifat pribadi. Dengan demikian, tentu kita perlu keamanan untuk file di excel. Salah satu yang bisa kita lakukan untuk menjaga file excel kita agar tidak di liat-lihat orang lain adalah dengan memberikan nya password. Lalu bagaimana cara memberikan password pada file excel? Berikut tipsnya :

Untuk mengunci file Excel dengan password yang harus kamu lakukan pertama kali adalah :
1. Klik pada sisi kiri atas jendela Excel-mu dan temukan tulisan ‘File’.
2. Setelah itu, pilih ‘Info’ kemudian klik ‘Protect Workbook’.
3. Pada pilihan ‘Protect Workbook’ kamu tinggal memilih ‘Encrypt with Password’.

Bila kamu sudah sampai tahap ‘Encrypt with Password’ sebuah kotak dengan tulisan ‘Encrypt Document’ akan muncul di layar. Setelah itu kamu tinggal mengisi kata sandi yang diinginkan pada kotak yang tersedia. Selanjutnya klik pilihan ‘Ok’ di bagian bawah kotak tersebut dan file Excel-mu pun sudah terkunci dengan password.

Sebagai catatan dan saran, jangan gunakan password yang terlalu sulit atau pun terlalu mudah. Jika kamu menggunakan password terlalu sulit, bisa jadi kamu akan lupa untuk membukanya di kemudian hari. Sementara menggunakan password yang mudah akan berdampak file-mu akan mudah diakses orang lain.

Selain mengunci file dengan memakai password, kamu juga bisa membuat data pada aplikasi Excel menjadi hanya bisa dibaca. Dengan demikian isi dari file yang kamu miliki tidak akan bisa diutak-atik oleh orang lain. Orang yang kamu bagikan file tersebut hanya bisa membaca isinya saja tanpa punya akses untuk mengubahnya.

Nah, untuk mengubah file Excel agar hanya bisa dibaca saja, ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan. Langkah pertama kamu harus ke tab file dan memilih ‘Save As’ sebagai pilihan penyimpanan. Setelahnya akan muncul kotak dengan pilihan ‘Save’ dan ‘Cancel’ pada bagian bawah kanan. Di sebelah pilihan tersebut terdapat tulisan ‘Tools’ yang perlu kamu klik.

Setelah bagian ‘Tools’ kamu buka, akan muncul pilihan ‘General Options’. Opsi tersebut nantinya akan muncul berupa kotak baru yang berisi pilihan untuk menambahkan password bila ingin mengubah atau pun ingin membukanya. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk melakukan klik pada pilihan ‘Ok’.

Dengan memberikan password pada pilihan ini, orang lain yang mengakses file kamu harus mendapatkan kata sandinya terlebih dahulu. Jadi, untuk mereka yang tidak memiliki password, hanya bisa membaca file Excel tersebut.

Dua cara yang telah disebutkan di atas digunakan untuk mengunci seluruh file Excel. Akan tetapi, kamu bisa menggunakan fitur keamanan hanya untuk satu worksheet saja. Jadi kamu hanya mengunci satu halaman saja dari sejumlah lembaran yang terdapat dalam sebuah file Excel.

Untuk mengunci satu worksheet Excel yang kamu butuhkan adalah klik tulisan ‘Sheet’ yang berada di bagian bawah. Setelah itu akan muncul kotak yang di dalamnya terdapat pilihan ‘Protect Sheet’. Klik pilihan tersebut dan berikan tanda centang pada bagian ‘Protect worksheet and contents of locked cells’ Kemudian jangan lupa untuk klik ‘Ok’ agar fitur keamanan ini mulai aktif.