Smartphone Tips & Trick

Cara Mudah Ketahui Isi Ponsel Pasangan Di HP Kamu Dengan Screen Sharing

Ingin mengetahui apa saja yang dilakukan pasangan mu di ponselnya? Sekarang sudah ada caranya yakni dengan screen sharing. Dengan metode ini kamu bisa melihat layar smartphone lain di smartphone kamu sendiri. Screen sharing biasanya dimanfaatkan untuk memberikan instruksi atau mengatur perangkat orang lain secara jarak jauh. Untuk bisa melakukan screen sharing, berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan :

1. Cara Screen Sharing Menggunakan Inkwire Screen Share + Assist

Sebelum memulai, yang perlu kamu tahu jika Inkwire Screen Share + Assist adalah aplikasi screen share Android yang mudah dan praktis untuk kamu gunakan. Aplikasi ini hanya bisa meelihat screen orang lain saja namun tidak bisa mengontrol smartphone lain secara remote.

Loading...

Langkah 1 – Download Aplikasi Inkwire Screen Share + Assist

  • Download aplikasi Inkwire Screen Share + Assist di smartphone kamu. Kamu bisa men-download langsung di Google Play Store.
  • Install aplikasi Inkwire di kedua smartphone yang akan kamu gunakan untuk membagikan layar. Satu Smartphone akan menjadi sender / pengirim, satu lagi akan menjadi receiver / penerima.

Langkah 2 – Buka Aplikasi Inkwire

  • Setelah aplikasi Inkwire berhasil kamu install di kedua smartphone sender dan receiver, buka aplikasi tersebut. Untuk membagikan layar, minta temanmu untuk ikut membuka aplikasi Inkwire.
  • Pada menu utama, terdapat 2 pilihan yang bisa kamu pilih. Kalau kamu adalah pihak yang ingin membagikan layar / sender, klik Share pada menu utama. Lalu pilih Start Now untuk memulai
  • Minta temanmu yang berperan sebagai penerima / receiver untuk menekan tombol Access yang ada di menu utama bagian bawah.
  • Pada layar smartphone sender, kamu akan menemui 12 digit angka yang menjadi kode akses untuk mengintip ke layar smartphone-mu. Copy 12 digit angka yang ada di layar lalu kirim kode tersebut ke teman kamu.
  • Pada smartphone receiver, masukkan 12 digit kode yang diterima dari sender untuk melihat layar / screen dari smartphone sender. Setelah memasukkan kode, klik Acess.
  • Kamu bisa memilih untuk mengaktifkan voice chat supaya lebih mudah dalam memberikan instruksi atau sekadar ngobrol.

Langkah 3 – Selesai

  • Kamu sudah berhasil membagikan layarmu dengan menggunakan aplikasi Inkwire.

2. Cara Screen Sharing Menggunakan TeamViewer QuickSupport & TeamViewer for Remote Control

Hampir sama dengan Inkwire Screen Share, TeamViewer merupakan aplikasi screen sharing cross platform atau lintas platform. Namun, kamu membutuhkan 2 aplikasi TeamViewer berbeda untuk melakukan screen sharing. TeamViewer for Remote Control berfungsi untuk screen sharing dan mengontrol smartphone orang lain. Sedangkan, TeamViewer QuickSupport berfungsi untuk membagikan layar smartphone-mu. Kamu membutuhkan 2 aplikasi untuk dapat berbagi layar dengan temanmu. Supaya lebih mudah dimengerti, berikut langkah-langkah yang hars dilakukan :

Langkah 1 – Download Aplikasi TeamViewer

  • Download dan install aplikasi TeamViewer QuickSupport di smartphone Android yang berfungsi sebagai sender / pengirim layar.
  • Untuk smartphone yang menjadi receiver / penerima, download dan install aplikasi Teamviewer for Remote Control.

Langkah 2 – Buka Aplikasi TeamViewer

  • Pada smartphone sender, buka aplikasi TeamViewer QuickSupport, lalu copy dan kirimkan Partner ID kamu yang berupa 10 digit angka kepada smartphone yang berperan sebagai receiver.
  • Pada smartphone receiver, buka aplikasi TeamViewer for Remote Control, lalu masukkan 10 digit Partner ID yang telah kamu terima dari sender.
  • Untuk mengontrol smartphone sender, klik pada opsi Remote Control. Kamu juga bisa mengirimkan data dari sender ke receiver dengan memilih opsi File Transfer.
  • Berikan akses pada smartphone receiver untuk mengintip dan mengontrol smartphone sender. Tunggu sebentar hingga layar sender muncul di smartphone receiver.

Langkah 3 – Selesai

  • Demikian tutorial screen sharing dengan menggunakan aplikasi TeamViewer for Remote Control & TeamViewer QuickSupport.

Leave a Reply