Home Laptop 8 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet

8 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet

20
0

Penggunaan laptop dijaman sekarang pasti sudah menjadi kebutuhan khusus bagi banyak orang, entah itu untuk mengejarkan tugas, menonton film, atau bahkan hanya sekedar mendengarkan musik. Ketika ingin membeli sebuah laptop pastinya memerlukan pertimbangan kepada spec yang disediakan oleh laptop tersebut bukan?

Salah satu pertimbangan saat membeli laptop biasanya terletak pada spec baterai laptop tersebut. Yang paling diutamakan adalah kualitas, ketahanan, dan keawetan penggunaan agar dapat menunjang penggunaan sehingga lebih nyaman ketika sedang digunakan.

Berikut ada beberapa cara merawat baterai agar laptop menjadi tahan lama dan awet.

1. Saat dicharge, harap diistirahatkan dahulu

Pernah tidak sih kalian ketika sedang menggunakan laptop namun sambil mencharge laptop tersebut selama berjam-jam? Hmm, kebiasaan itu secara tidak sadar adalah sebuah kebiasaan yang tidak baik loh jika dilakukan secara terus-menerus.

Pasalnya, akan berdampak buruk bagi kualitas baterai dan juga mengakibatkan baterai gampang rapuh dan juga rusak dalam jangka waktu yang pendek. Maka dari itu, ketika kamu sedang charge baterai sebaiknya istirahatkan dan diamkan terlebih dahulu hingga daya baterai bisa terisi secara penuh agar baterai bisa lebih awet dan juga tidak rusak, dalam hal ini kamu juga diajarkan untuk berperilaku disiplin loh.

2. Jangan sampai baterai sampai 0% dan hindari charge berjam-jam

Ketika sedang asyik-asyiknya menggunakan laptop dan daya baterai sudah mencapai batas minimum untuk digunakan, pastinya sedikit membuatkamu jengkel ya? Nah, dalam hal ini kamu jangan sampai memainkan laptop sampai baterai habis total ya, karena hal ini dapat memicu kerusakan pada bateraikamu secara bertahap. Sebaiknya, ketika baterai laptop sudah 40% segeralah mengisi daya bateraikamu agar nantinya bisa lebih awet. Mencharge yang terlalu lama juga tidak baik loh, karena dapat mempengaruhi kinerja baterai kamu.

3. Jangan kebanyakan aplikasi

Laptop memang memiliki kapasitas RAM yang sangat besar, seberapa banyak pun data dan dokumen yang kamu simpan, atau aplikasi apapun pasti akan muat-muat saja dilaptop. Namun, untuk penempatan aplikasi yang terlalu banyak juga dapat berdampak buruk dan juga membuat laptop menjadi ngelag dan pendingan, bukan hanya berpengaruh kepada itu saja tapi baterai juga akan kena dampaknya.

4. Menjaga suhu laptop dan jangan sampai panas

Suhu pada laptop secara tidak sadar juga dapat mempengaruhi kualitas baterai kamu loh, sebaiknya atur suhu dengan baik dan hindari penggunaan berlebihan agar laptop tidak mencapai suhu yang panas.

5. Baterai selalu penuh

Untuk suhu 20 setidaknya kamu sudah menyimpan daya baterai 70%, karena bisa mempengaruhi kualitas baterai. Terlebih lagi, ketika laptop kamu sudah tidak digunakan berhari-hari pastikan daya baterai terisi 70%.

Baca Juga: 8 Laptop Dell Terbaik

6. Gunakan dengan bijak

Ketika menggunakan laptop pastikan menggunakan dengan bijak, entah itu penempatan aplikasi. Gunakan aplikasi yang penting-penting saja, agar kualitas baterai dan daya tahan laptop kamu menjadi awet.

7. Jangan main laptop secara berlebihan

Ketika menggunakan laptop, sebaiknya kamu meluangkan waktu agar laptop kamu bisa beristirahat selama 2 jam dan baru kamu gunakan kembali setelah menyegarkan laptop kamu dari suhu yang panas.

8. Rawat baterai dengan baik

Merawat baterai memang kedengarannya sangat gampang, namun sangat sulit jika dipraktekan bukan?Merawat baterai dengan cara penggunaan laptop hanya untuk yang penting-penting saja. Dan juga, sesekali bersihkan dalam baterai dengan alat khusus pembersih laptop.

Nah, itu dia beberapa cara merawat baterai. Kedengarannya mudah memang, tapi butuh kedisiplinan dan juga tanggung jawab yang besar agar baterai kamu menjadi awet dan juga anti rusak. Semoga bermanfaat.