Home Tips & Trick Cara Mengembalikan File Word Yang Hilang Sebelum Tersimpan

Cara Mengembalikan File Word Yang Hilang Sebelum Tersimpan

106
0

Kebanyakan dari pengguna Microsoft Word mungkin pernah mengalami dokumen yang “hilang”, baik itu sebab sistem Windows 10 mengalami crash dan blue screen (BSOD), maupun secara tidak sengaja jendela program Word tertutup sebelum dokumen disimpan. Apapun penyebab hilangnya dokumen kamu, program Word sesungguhnya memiliki pengaturan yang bisa mencegah “hilangnya” dokumen hasil ketikan kamu.

Well, tidak sepenuhnya mencegah sebab ada beberapa faktor lain yang jadi penentu seberapa banyak porsi dokumen kamu yang hilang. Untuk kamu yang ingin mengetahui cara mengembalikan dokumen Microsoft Word yang hilang sebelum disimpan, berikut langkah yang bisa kamu praktikkan dengan segera.

Untuk diketahui, Microsoft Word punya fitur Recover Unsaved Documents yang bisa kamu gunakan untuk mencari dan mengembalikan dokumen yang hilang tanpa disengaja. Untuk mengakses fitur ini, berikut urutan menu yang harus kamu ikuti:

Dalam Microsoft Word, klik tab File dan klik kotak Manage Document, yang akan membuka menu dropdown dengan 2 pilihan opsi, yaitu:

Recover Unsaved Documents: Untuk melihat deretan berkas yang belum tersimpan namun sudah dicadangkan oleh Microsoft Word

Delete All unsaved Document: Untuk menghapus semua berkas yang sudah dicadangkan. Direkomendasikan untuk menghapus berkas cadangan sesudah mengedit dan menyimpan berkasnya kembali.

Pilih Recover Unsaved Documents, setelahnya akan muncul dialog box yang membuka direktori berkas Word yang sudah dicadangkan Microsoft Word untuk kamu proses kembali. Namun, ada kalanya Microsoft Word luput mencadangkan berkas kamu, yang bisa diatasi dengan cara mencari berkas cadangan temporer secara manual.

Terkadang Microsoft Word tidak mencadangkan dokumen untuk dikembalikan via fitur Recover All Unsaved Documents. Jika hal ini terjadi, masih ada satu cara yang bisa kamu lakukan, yakni dengan mencarinya secara manual dari Windows Explorer.

Biasanya, Microsoft Word menyimpan progres pengeditan dokumen dalam berkas berformat .wbk, yang merupakan kepanjangan dari Word backup. Untuk mencari berkas .wbk ini, kamu bisa membuka 3 direktori umum yang biasa digunakan Microsoft Word meletakkan berkas .wbk ini:

  • C:\Users\username\AppData\Local\Microsoft\Word
  • C:\Users\username\AppData\Local\Temp
  • C:\Users\username\AppData\Roaming\Microsoft\Word

Untuk mengatasi terjadinya kemungkinan hilangnya dokumen kamu, ada setelan pencadangan otomatis Microsoft Word yang bisa kamu atur. Setelan ini adalah AutoSave dan AutoRecover yang dapat kamu akses lewat urutan menu berikut:

  • File > Options > Save

Kemudian pastikan fitur AutoSave sudah dicentang, berikut dengan AutoRecover dalam jangka waktu tertentu dalam satuan menit. Kamu juga bisa mengatur direktori berkas pencadangan AutoRecover pada laman pengaturan ini.

Baca Juga: Cara Praktis Memberi Password Dan Mengunci File Excel

Setelah mengetahui cara mengembalikan dokumen Word di atas, kini kamu bisa kembali membuat dokumen tanpa takut berkasnya hilang ketika terjadi crash.