Home Aplikasi Cara Mengecilkan Kapasitas Video Di iPhone, Android Dan Windows 10

Cara Mengecilkan Kapasitas Video Di iPhone, Android Dan Windows 10

149
0

Besarnya kapasitas video kadang menjadi salah satu penyebab yang membuat gagal dalam mendownload atau meng-upload video itu sendiri. Ada kalanya, kamu memerlukan ruang lebih di harddisk yang mulai penuh dari video koleksimu, salah satu caranya adalah dengan melakukan video compression atau mengecilkan ukuran video untuk menghemat ruang HDD. Berikut cara mengecilkan kapasitas video di perangkat iPhone, Android dan Windows.

1. Cara mengecilkan kapasitas video di iPhone (iOS)
Cara mengecilkan ukuran video di iPhone (iOS) dapa dilakukan dengan mengunduh aplikasi video compression yang tersedia di Apple App Store seperti Shrinks Vids

Video Compress – Shrink Vids memiliki beberapa kelebihan berupa:
1. Proses kompresi video yang linear dan mudah digunakan
2. Dilengkapi video browser bawaan
3. Preset resize video dengan beberapa opsi resolusi
4. Preset bitrate yang bisa disetel via slider
5. Tombol preview untuk mengetes hasil kompresi video

Langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengecilkan video dengan aplikasi Video Compress – Shrink Vids adalah dengan klik tombol “+” yang berukuran besar di layar utama, lalu pilih video yang diingkan melalui video browser yang tersedia, pilih preset resolusi dan setel bitrate yang diinginkan, klik Continue. Setelah itu, aplikasi Video Compress – Shrink Vids akan mulai mengecilkan ukuran video. Tidak beberapa lama, video kamu pun sudah tersedia dalam ukuran yang lebih kecil.

2. Cara mengecilkan kapasitas video di Android
Cara mengecilkan ukuran video di Android melibatkan proses yang sangat sederhana, yakni menggunakan aplikasi yang memiliki fitur file compression. Aplikasi yang kami rekomendasikan untuk mengecilkan ukuran video adalah Smart Video Compressor and Resizer.

Smart Video Compressor and Resizer memiliki beberapa kelebihan berupa:
1. Desain antarmuka (UI) Material Design yang apik
2. Fitur memotong durasi video
3. Dilengkapi file browser bawaan
4. Preset resize video dengan beberapa opsi resolusi, dan
5. Pengaturan kualitas video dalam persentase

Untuk mulai mengecilkan ukuran video dengan Smart Video Compressor and Resizer, cukup pilih video yang ingin dikecilkan dari file browser bawaan, lalu sesuaikan setelan kompresi video yang terbagi dalam 3 pengaturan: Dimensi (resolusi video), kecepatan kompresi, dan kualitas video dalam persen. Setelah itu, klik Convert dan tunggu proses kompresi hingga selesai, kemudian file video kamu sudah tersedia dalam ukuran yang lebih kecil.

3. Cara mengecilkan kapasitas video di Windows 10
Berbeda dengan cara mengecilkan ukuran video di Android dan iPhone (iOS), untuk mengecilkan ukuran video di Windows terbagi dalam 2 cara, yakni tanpa aplikasi dan menggunakan aplikasi.

a. Mengecilkan ukuran video di Windows tanpa aplikasi
Untuk mengecilkan ukuran video tanpa aplikasi, kamu bisa menggunakan situs-situs online video compression. Salah satu yang kami rekomendasikan adalah Videosmaller (videosmaller.com). Situs ini memiliki alur proses yang sederhana, kamu cukup pilih video yang ingin diperkecil melalui tombol Browse dan pilih preset resolusi di kotak Scale, lalu klik Upload.

Mengecilkan ukuran video tanpa aplikasi ini hanya direkomendasikan untuk video yang berukuran kecil, sebab kamu tidak akan terlalu dibatasi dengan kecepatan koneksi internet. Jika kamu ingin mengompres video yang berukuran besar, disarankan untuk menggunakan cara berikutnya, menggunakan aplikasi.

b. Mengecilkan ukuran video di Windows dengan aplikasi
Aplikasi yang kami rekomendasikan untuk mengompres video di Windows adalah Video Compressor & Trimmer. Aplikasi yang dapat kamu unduh di Microsoft Store ini hadir dengan desain Modern Metro UI yang “seragam” dengan antarmuka Windows 10.

Untuk mulai mengecilkan ukuran video di Video Compressor & Trimmer, kamu bisa klik tombol “Compress Video”. Berikutnya, kamu perlu memilih output format dan resolusi video yang bisa dipilih dari kotak dialog yang muncul setelah memilih video. Setelah selesai menyetel format output, kamu bisa klik tombol “Compress” yang ada di bagian bawah layar.