Home Tips & Trick Cara Mengecek IMEI Samsung dan Fungsinya

Cara Mengecek IMEI Samsung dan Fungsinya

122
0

Tidak bisa dipungkiri bahawa bagi sebagian orang nomor IMEI ini mungkin dianggap tidak penting, bahkan untuk anak-anak yang hanya dapat menggunakan smartphone untuk memposting hal-hal yang tidak penting, anggap angka IMEI tidak berguna dan hanya angka yang bisa. Ketahuilah bahwa fungsi nomor IMEI ini sangat penting sebagai identitas ponsel cerdas Anda, setiap ponsel baik Android atau iPhone dan yang mahal atau murah harus memiliki nomor IMEI.

Sesuai namanya, International Mobile Equipment Identity yang nomornya harus berbeda di setiap ponsel, nomor IMEI biasanya angka 15 atau 16 angka acak dan unik yang digunakan sebagai identitas smartphone.

Contents

Cara memeriksa nomor IMEI

Mengkin semua juga sudah pada tahu, jika Anda adalah pengguna Samsung maka cara untuk memeriksa IMEI Samsung cukup mudah, tetapi menurut saya untuk mengetahui nomor IMEI di Samsung, Iphone, Oppo, Sony, LG, Assus atau lainnya adalah sama yaitu dengan menggunakan kode panggilan *#06#, Anda juga dapat mencarinya di menu Pengaturan – Tentang Telepon – Status atau Anda juga dapat melihatnya di dosbox seluler itu sendiri.

Fungsi Nomor IMEI pada Smartphone

Setelah mengetahui cara memeriksa IMEI pada smartphone, di bawah ini saya akan menjelaskan apa sebenarnya fungsi IMEI ini. Jangan meremehkan fungsi nomor IMEI, saya yakin kebanyakan orang tidak akan menyimpan nomor IMEI dari ponsel mereka karena terlihat tidak penting. Di bawah ini saya akan menjelaskan apa fungsi nomor IMEI.

1. Sebagai Identitas Smartphone

Seperti yang saya katakan di atas diskusi bahwa nomor IMEI itu sendiri berfungsi sebagai identitas smartphone serta KTP yang Anda miliki.Karena alasan ini, nomor IMEI unik dan berbeda pada setiap ponsel cerdas, oleh karena itu Anda harus mengetahui dan menyimpan nomor IMEI ponsel cerdas.

2. Menangkap Sinyal

Untuk beberapa ponsel yang memiliki kelebihan khusus, mungkin tidak penting untuk nomor IMEI karena telah dimodifikasi dan diretas untuk sesuatu yang lebih istimewa. Tetapi untuk ponsel pada umumnya, nomor IMEI sangat penting karena dapat mempengaruhi kinerja sinyal yang ditangkap oleh smartphone.

Kasus pencurian nomor IMEI adalah sesuatu yang biasanya dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, jika nomor IMEI dari ponsel cerdas hilang maka dapat dipastikan bahwa ponsel cerdas tersebut tidak dapat menangkap sinyal dengan benar dan bahkan kehilangan daya tangkap sinyal.

3. Lacak Smartphone

Banyak yang tidak tahu bahwa nomor IMEI yang terpasang pada ponsel yang Anda gunakan dapat digunakan untuk melacak ponsel. Ini akan sangat penting ketika Anda mengalami musibah kehilangan ponsel pintar favorit Anda.

Cara melacak smartphone menggunakan nomor IMEI cukup mudah, caranya Anda cukup datang ke outlet penyedia layanan yang Anda gunakan dengan memberikan nomor IMEI smartphone dan nomor kartu yang kami gunakan. Dengan cara ini, ponsel cerdas yang hilang dapat dilacak melalui sistem yang ada di outlet operator yang Anda gunakan.

Tidak hanya dengan datang ke toko kartu seluler yang digunakan, Anda juga dapat melacak smartphone yang hilang menggunakan teknologi Google dengan catatan GPS dari ponsel cerdas yang aktif, terhubung ke internet dan ponsel cerdas Anda aktif.

Itulah pembahasan mengenai Cara Mengecek IMEI pada Samsung dan Fungsinya. Semoga bermanfaat bagi Anda dan teman yang lain ya. Dan jangan lupa bagikan artikel ini bila dirasa bermanfaat ya. Baca Juga: 5 Cara Mengecek IPhone Asli Atau Palsu Makasih