Tips & Trick

Cara Mengatasi WA yang Diretas Pakai Kode OTP

MdnTekno – Ternyata pembajakan teknologi bisa dilakukan hanya dengan menggunakan kode OTP aplikasi WA (whatsapp). Untuk itu sangat penting sebenarnya mengetahui cara mengamankan data pribadi dalam aplikasi. Karena sudah pasti setiap pengguna tidak ingin mengalami pembajakan oleh hacker.

Seiringan dengan hal itu whatsapp kini telah menjadi aplikasi berkirim pesan instan yang sangat populer di seluruh dunia. Aplikasi ini tak hanya memungkinkan orang untuk berkirim pesan saja melainkan dapat pula melakukan panggilan langsung jarak jauh. Selain itu aplikasi whatsapp juga mudah dijalankan.

Namun meski gampang digunakan, bukan berarti penggunaan WA terlepas dari berbagai kendala. Jika pada suatu waktu whatsapp terlanjur kena bajak/diretas, upayakanlah jangan langsung panik secara berlebihan. Karena sebenarnya masih ada kesempatan untuk mendapatkan kembali akun anda.

Loading...

Saat ini pembajakan terhadap akun WA bisa dilakukan dengan berbagai cara termasuk melalui kode OTP (One Time Password). Para hacker pun bisa dengan leluasa menipu korban agar mau memberikan 6 digit kode OTP yang dikirim melalui SMS, yang kabarnya menggunakan huruf India. Oleh karena itu jika suatu waktu anda menerima SMS yang berisikan kode OTP tanpa sedang mengutak-atik whatsapp cobalah untuk lebih berhati-hati. Jangan pernah sekali-sekali mengirimkan langsung kode OTP kepada orang lain atau orang asing.

Menurut situs resminya, cara mengatasi WA yang terlanjur dibajak melalui modus penipuan kode OTP bisa mengirim laporan permasalahan ke alamat email, yaitu emailsupport@whatsapp.com. Dalam laporan tersebut dapat dilengkapi dengan nomor telepon yang digunakan untuk akun WA hingga kronologi rinci yang disertai bukti tambahan. Contoh bukti tambahan bisa berupa hasil tangkapan layar (screenshoot) akun. Nantinya setelah pengguna membuat laporan, pihak whatsapp akan melakukan deactive account. Untuk proses ini anda perlu menunggu sekitar 1 hari untuk dapat kembali mengaktifkan akun whatsapp.

Kemudian cara mengaktifkan kembali akun WA juga masih sama seperti biasanya. Pengguna bisa melakukan langkah mulai dari mengunduh aplikasi whatsapp dan memasukkan nomor telepon. Jika akun anda bisa diakses maka akun sudah dianggap pulih.

Leave a Reply