SIM card tidak terbaca
Smartphone

Cara Mengatasi SIM Card yang Tidak Terbaca

MdnTekno – Kasus SIM card (kartu SIM) tidak terbaca bisa disebabkan oleh beberapa hal. Nah apabila sudah demikian, tak sedikit pula pengguna yang kesal bahkan frustasi hingga membanting ponselnya. Namun sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan cara-cara berikut.

Pastikan Kartu SIM Terpasang dengan Benar

Ada kalanya terkadang memasang kartu SIM tidak sesuai dengan posisi yang benar. Untuk itu cobalah teliti kembali posisi kartu SIM anda dan jangan terburu-terburu saat memasang kartu SIM ke dalam ponsel. Lakukan saja secara perlahan dengan memperhatikan tanda untuk memasukkan kartu SIM yang tepat. Pastikan sudah masuk ke tray dengan rapat.

Loading...

Pastikan Masa Aktif Masih Berlaku

Selain memastikan kartu SIM terpasang dengan benar, pastikan pula masa aktif kartu masih berlaku. Mungkin anda sudah terlalu lama tidak mengisi ulang pulsa sehingga kartu SIM tidak bisa digunakan lagi seperti sedia kala.

Restart Ponsel

Bila SIM card tidak terbaca, hal pertama yang dapat anda lakukan yaitu restart ponsel. Melakukan restart akan memicu HP untuk melakukan boot dengan kondisi segar, termasuk mengatasi masalah kartu SIM yang mendadak tidak bisa terbaca. Selain itu cara ini juga tergolong praktis dan sederhana. Anda bisa melakukan dimanapun dan kapanpun bila SIM card HP bermasalah.

Masukkan Ke Slot Berbeda

Coba masukkan ke slot yang berbeda bila pada slot pertama tidak bisa membaca kartu SIM. Nantinya jika di slot yang kedua ini kartu SIM berfungsi dengan baik itu artinya ada masalah pada slot sebelumnya. Namun jika kedua slot juga tidak mau membaca kartu SIM berarti kemungkinan besar ada masalah pada kartunya.

Bersihkan SIM Card dari Debu

Mungkin kartu SIM telah berdebu sehingga menjadi tidak bisa terbaca. Maka solusinya bersihkanlah SIM card dari debu. Karena debu juga bisa menghalangi konektor untuk menyambungkan kartu ke perangkat. Tetapi saat membersihkannya sebaiknya jangan menggunakan air namun lap saja dengan tisu kering atau kain bersih kering. Selain itu usahakan untuk tidak mengelap terlalu keras.

Leave a Reply