Cara Mendaftar IMEI Ponsel yang Dibeli dari Luar Negeri
Smartphone

Cara Mendaftar IMEI Ponsel yang Dibeli dari Luar Negeri

Aturan pemblokiran ponsel ilegal lewat nomor IMEI resmi diberlakukan oleh pemerintah, dengan demikian untuk menghindari IMEI yang tak terdaftar sebaiknya anda perlu mengetahui bagaimana cara mendaftar IMEI.

Sebab semua IMEI (International Mobile Equipment Identity) ponsel yang tak terdaftar di Kementerian Perindustrian akan diblokir secara otomatis. Begitupun dengan ponsel yang dibeli dari luar negeri.

Secara sederhana, IMEI sendiri berguna untuk memastikan apakah perangkat tersebut asli dan benar-benar terdaftar. Selain itu pelacakan nomor International Mobile Equipment Identity ini juga berfungsi saat seseorang kehilangan ponsel atau smartphone. Kendati demikian struktur IMEI biasanya terdiri dari 15 atau 16 digit nomor.

Loading...

 

Lalu bagaimana cara mendaftar IMEI?

Langkah-langkah cara mendaftar IMEI yaitu sebagai berikut.

1. Pengguna dapat masuk ke laman beacukai.go.id. Atau pemilik HP juga bisa mengunduh aplikasi mobile Bea Cukai yang ada dalam aplikasi Google Play Store (bagi pengguna andorid). Lalu isilah data formulir secara lengkap.

2. Bila sudah mengisi data-data, anda akan menerima kode QR dan registration ID.

3. Kemudian bawalah perangkat (handphone maupun tablet) yang anda beli dari luar negeri tersebut ke pos pemeriksaan Bea Cukai di bandara. Tujuannya demi mendapatkan persetujuan dan nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) ponsel.

Nantinya bila nomor IMEI sudah didapat, anda sudah bisa memasang kartu SIM operator lokal negara Indonesia ke perangkat ponsel yang baru anda beli.

Selain itu menurut unggahan instagram resmi Bea Cukai @beacukairi, proses registrasi nomor IMEI bagi ponsel yang dibeli melalui jasa ekspedisi (pengiriman barang) akan dilakukan oleh perusahaan pengiriman. Tentunya dalam hal ini perusahaan pengiriman melakukannya melalui Bea Cukai pula.

Sementara itu untuk turis asing yang membawa ponsel dengan kartu SIM asal luar Indonesia, mereka tak perlu repot-repot pula melakukan registrasi IMEI terhadap perangkat yang digunakannya.

Hanya saja turis perlu melakukan proses pendaftaran pada gerai operator seluler yang beroperasi di Indonesia supaya bisa mendapatkan akses layanan jaringan yang berlaku selama 90 hari.

Leave a Reply