Home Tips & Trick Cara Membuat Thumbnail Youtube

Cara Membuat Thumbnail Youtube

28
0

Salah satu cara youtube dalam menghitung watchtime adalah melalui impresi video kita. Artinya,berapa sering videomu di klik. faktor apa yang bikin orang mau klik? salah satunya karena thumbnail yang menarik Udah nggak perlu diragukan lagi bahwa thumbnail memegang peran sangat penting di channel kita. bahkan youtube baru-baru ini, membuat algoritma yang menyebabkan thumbnail sangat diperhitungkan.

Nah buat kamu yang selama ini nggak perhatiin thumbnail, atau yang udah nyoba bikin thumbnail tapi nggak maksimal. simak sampai habis artikel ini. Viewermu bisa nambah, watchtime nya juga akan naik. Thumbnail merupakan barang visual yang ditangkap oleh mata. Oleh sebab itu, kita harus tau bagaimana manusia mendeteksi secara visual bentuk warna dan sebagainya. Berikut 9 cara agar thumbnailmu mengundang klik.

Contents

1. gunakan warna yang terang.

mengapa thumbnail ada warna merah? karena merah adalah warna yang paling menonjol diantara warna lain. ini bukan berarti warna biru juga nggak bisa menarik. tapi usahakan pakai warna yang lebih ngejreng coba pilih warna yang kamu suka dan cari variasi warna yang lebih ngejreng.

2. manfaatkan kekuatan mukamu!

Mengapa? karena manusia itu tergambar dari mukanya. Hampir semua youtuber dari dulu dan sekarang selalu ada muka orang di thumbnailnya. ini bukan berarti harus menampilkan muka yang ganteng atau cantik tapi menampilkan yang terbaik dari yang kamu punya.

3. gunakan elemen garis

thumbnail yang menggunakan garis/border atau outline lebih menarik mata kita untuk melihatnya. ini juga akan mendorong orang untuk mengikuti garis tersebut dan melihat sekitarnya. garis akan membuat objek lebih kontras. ini penting karena thumbnail artinya adalah kuku jempol ukurannya kecil. Udah warnanya pucet, nggak ada kontrasnya, thumbnail mu nggak akan keliatan

4. mudah di pahami

orang nggak akan baca keterangan tulisan di thumbail. maksud dari thumbnail adalah memberikan visualisasi singkat agar bisa dapet bayangan isi video. jadi sebelum membuat thumbnail, kamu harus paham apa isi utama videomu. Yang paling penting! tulis itu di thumbnail. Contohnya “merekam video dengan android pakai Open Camera” tapi setelah direview, tulisannya jadi panjang, kecil dan nggak bisa dipahami secara sekilas.

5. objek yang dominan

ini masih ada ilmu nya ya bahwa mata orang itu lebih suka dengan objek yang dominan atau menonjol. Kalau thumbnailmu banyak tulisan banyak gambar, akibatnya nggak ada yang dominan, tidak akan nyangkut dimata. Jadi usahakan tulisan dan gambarmu menonjol. salah satu caranya adalah mengurangi kata-kata tadi agar bisa dibuat lebih besar. Ini sangat efektif dan selalu menang dipersaingan thumbnail.

6. buat warna yang kontras

salah satu cara agar warna kontras. kita bisa membuat stroke atau outline di tulisan. Ini juga bisa digunakan yg penting nggak bikin keramean.

7. kombinasi warna.

Mengapa yg warnya biru sama hitam nggak menarik? karena kombinasi warnanya yang nggak pas. coba pilih warna yang berlawanan biar kombinasinya bagus. terang dengan gelap adalah kombinasi warna yang biasanya cocok.

8. objek yang lebih fokus.

selain warna dan bentuk, mata manusia juga akan tertarik dengan objek yang lebih fokus. contohnya objek yang backgroudnya blur. kalau kamu bikin thumbnail dengan model gini juga akan menarik perhatian.

Baca Juga: Cara Menonton Video Youtube Offline Dengan Mudah

9. buat thumbnail yang seragam dengan gambar yang sejenis dan seragam.

ini akan membuat pola yang mudah dipahami mata. nah misalnya saat thumbnailmu nongol di pencarian, orang akan melirik video-videomu karena ada keseragaman.. Ini akan membuat thumbnailmu lebih menonjol dan mengundang orang untuk mengklik. Gimana caranya kamu menciptakan pola tadi dengan membuat semua thumbnailmu dengan pilihan warna yang sama, huruf yang sama dan bentuk yang serupa. Cara lain biar channelmu terlihat seragam, kamu bisa bikin logo yang kamu pasang di thumbnailmu. dengan semua thumbnail yang kamu pasang logo, ini akan terlihat seragam.