Home Tips & Trick Cara Mematikan Dan Mengaktifkan Getar Keyboard HP Samsung

Cara Mematikan Dan Mengaktifkan Getar Keyboard HP Samsung

159
0

Keyboard ternyata tidak hanya digunakan untuk menyebut papan tombol dalam computer saja. Di dalam smartphone kita juga menyebut papan tombol yang digunakan untuk keperluan mengetik teks dengan nama keyboard.

Dalam beberapa kondisi, terdapat beberapa orang yang lebih nyaman dengan menggunakan keyboard di smartphone mereka tanpa adanya getaran serta suara pada papan tombol tersebut. Biasanya mereka beranggapan bahwa adanya getaran serta suara yang di timbulkan ketika sedang mengetik itu malah akan mengganggu konsentrasi mereka.

Namun, di lain sisi ada juga beberapa orang yang nyaman menggunakan keyboard dengan disertai getar. Nah, bagi kalian yang tidak mengetahui cara untuk mengaktifkan atau mematikan getar keyboard HP Samsung simak yuk penjelasannya.

Menggunakan aplikasi SwiftKey Keyboard

Langkah pertama yang dapat kita lakukan untuk dapat mengaktifkan atau mematikan getar keyboard di HP Samsung adalah dengan menggunakan aplikasi SwiftKey.

Jika belum mempunyai aplikasi ini di smartphone masing-masing maka terlebih dahulu kita harus menginstal aplikasi ini di Google Play. Jika sudah terisntal, barulah kemudian buka aplikasi SwiftKey tersebut kemudian klik menu mengetik.

Jika menu mengetik sudah muncul langkah selanjutnya akan muncul beberapa pilihan, nah pilihlah perintah suara & getaran kemudian langsung pilih gunakan getar default android dengan cara menggeser slider ke kanan hingga muncul warna biru.

Dengan cara ini maka secara otomatis ketika kita mengetik dengan menggunakan tombol-tombol yang ada di keyboard smartphone Samsung maka akan terdapat pula getaran yang menyertainya.

Jika di kemudian hari kita ingin menonaktifkan fitur getar ini maka hampir sama seperti cara ketika akan mengaktifkan getar HP Samsung dengan menggunakan aplikasi SwiftKey, hanya saja ketika ingin mengaktifkan fitur getar kita menggeser slider yang gunakan getar default android ke sebelah kanan, maka ketika ingin mematikan fitur ini kita tinggal menggesernya kembali ke posisi semula yakni di sebelah kiri hingga warna biru yang di awal muncul sudah tidak berwarna biru lagi.

Ubah Pengaturan

Langkah kedua yaitu jika kita tidak ingin menggunakan tambahan aplikasi baru untuk mengaktifkan atau mematikan getar keyboard kita dapat langsung mengaturnya di pengaturan yang terdapat di smartphone kalian masing-masing.
Caranya yaitu dengan membuka menu pengaturan atau settings. Untuk smartphone Samsung galaxy tab menu pengaturan atau settings ini dapat ditemukan di bagian paling bawah dengan cara scroll hingga bawah.

Sedangkan untuk Samsung galaxy note, Samsung s7 serta beberapa smartphone Samsung yang lainnya kalia harus lihat dulu tampilan pengaturannya. Apabila terdapat tab, maka kita harus memilih tab phone kemudian pilih menu language & input atau bahasa dan input.

Ketahui keyboard mana yang kalian gunakan di menu language & input ini. Pilihlah google keyboard atau Gboard kemudian buka menu pengaturan preferences kemudian pilih vibrate on keypress, di sini kita dapat memilih untuk mematikan getaran pada keyboard atau mengaktifkannya dengan beberapa tingkatan yaitu low, normal serta high.

Kemudian jika kita ingin mematikan fitur getaran ini maka buka kembali menu pengaturan, pilih language and input atau bahasa dan masukan kemudian klik tanda roda gigi atau gear yang terletak di sebelah nama keyboard yang saat itu sedang kalian gunakan lalu hilangkan tanda centang yang terdapat dalam tulisan vibrate on keypress.

Demikian merupakan langkah atau cara yang dapat dilakukan untuk mematikan serta mengaktifkan getar keyboard HP Samsung. Baca Juga: Cara Memotong Video Di Android Dan PC