Tips & Trick

Cara Kloning Hardisk yang Mudah Dilakukan

MdnTekno – Cara kloning hardisk sebenarnya mudah dilakukan. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

Kloning hardisk maksudnya adalah proses menyalin isi hardisk lainnya ke media penyimpanan lain. Dengan melakukan klonik hardisk, seluruh file dan dokumen yang terdapat di dalam hardisk dapat disalin tanpa harus kehilangan satu file pun, termasuk file yang tersembunyi. Apalagi jika file tersebut merupakan file yang tidak boleh dilewatkan.

Hal yang Dibutuhkan dalam Proses Kloning Hardisk

Dalam hal kloning hardisk, terdapat 3 hal yang wajib anda pahami sebelum melakukan kloning. Ketiga hal tersebut antara lain:

Loading...
  • Hardisk

Hardisk adalah hal pertama yang perlu disediakan untuk melakukan proses kloning. Hardisk tersebut meliputi hardisk lama dan hardisk baru.

  • Aplikasi Kloning

Setelah itu sediakan juga aplikasi kloning. Saat ini terdapat banyak jenis aplikasi kloning yang bagus dan direkomendasikan untuk anda. Misalnya aplikasi cloning drive. Tapi saat menggunakan aplikasi cloning sebaiknya hati-hati karena banyak fitur canggih yang terdapat di dalamnya.

  • Koneksi Untuk Hardware

Sebelum memproses data dari hardisk lama ke hardisk baru, pastikan juga bahwa hard drive di komputer atau laptop berada dalam kondisi bagus. Nah bila anda menggunakan komputer desktop maka anda hanya perlu membuka casing dari menghubungkan hard drive lalu ke motherboard.

CARA KLONING HARDISK

1. Menggunakan aplikasi EaseUS Todo Backup

Untuk menggunakan aplikasi ini berikut langkah-langkah yang harus anda ikuti:

a. Pilih tombol clone lalu centang pada hardisk yang akan dilakukan pengkloningan.

b. Setelah itu pilih hardisk tujuan atau centang pada pilihan hardisk baru.

2. Kloning hardisk di windows dengan discwizard

Cara kloning hardisk ini juga bisa anda terapkan yang ingin mencoba cara lain. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu menghidupkan software discwizard dan hapus semua partisi hardisk. Jika sudah maka lakukanlah reboot usai pengkloningan data selesai.

3. Kloning hardisk di MacOS dengan SuperDuper

Bagi anda yang menggunakan Mac maka alangkah baiknya pahami terlebih dahulu kemungkinan terjaidnya kegagalan intuk menduplikasi data menggunakan SuperDuper. Tetapi sebelumnya anda harus menghapus file yang berlebihan supaya proses kloning bisa anda mulai.

Leave a Reply