Laptop Tips & Trick

Cara Lakukan Klik Kanan Di Trackpad MacBook

Tidak seperti laptop pada umumnya, kita memang tidak akan menemukan tombol klik kanan di laptop Apple. Pasalnya, laptop Apple atau MacBook memang berbeda dari laptop lain nya. Pada bagian trackpad, kamu tidak akan menemukan dua buat tombol yang biasanya terdapat pada laptop Windows. Walau kamu menekan tombol ke sisi sebelah kanan, respon trackpad akan tetap sama seperti kamu menekan tombol di sisi lainnya. Namun untuk bisa melakukan klik kanan pada MacBook berikut langkah yang harus kamu lakukan :

1. Mengaktifkan Gestur Sentuh

Secara default, penggunaan gestur sentuhan pada MacBook mungkin belum aktif. Namun, cara klik kanan pada MacBook sebenarnya lebih mudah saat kamu sudah mengaktifkan fitur gestur. Ya, seperti gestur shortcut lainnya, kamu bisa menggunakan kendali yang lebih praktis hanya dengan sentuhan jari. Berikut ini langkah-langkah untuk mengaktifkan tombol klik kanan.

Loading...
  •  Klik ikon Apple>System Preferences
  •  Pilih Trackpad
  •  Buka pengaturan Point & Click
  •  Centang pilihan Secondary Click untuk mengaktifkan klik kanan
  •  Pilih gestur yang ingin kamu gunakan untuk melakukan klik kanan dari menu dropdown

Jika gestur ini sudah diaktifkan, coba gestur tersebut dan lihat apakah kamu sudah bisa klik kanan pakai trackpad? Ada beberapa pilihan gestur yang bisa kamu aplikasikan untuk mengaktifkan klik kanan. Nah, kamu juga bisa lihat dulu gestur yang dimaksudkan itu seperti apa. Biasanya, gestur paling mudah yang bisa diaktifkan adalah mengetuk dua jari pada trackpad.

2. Menggunakankan Tombol Control

Enggan mengatur trackpad karena sudah nyaman dengan fungsi pengoperasian saat ini? Tidak masalah, ada pilihan lain yang bisa kamu lakukan tanpa harus mengubah pengaturan yang sudah kamu pakai. Pada laptop atau komputer Mac, kamu akan menemukan tombol kendali bertuliskan ‘Control’ pada keyboard.

Tombol ini terletak di sebelah tombol Command. Untuk dapat melakukan beberapa schortcut di MacOS, kamu akan menekan tombol Command bersamaan dengan kombinasi tombol lain. Misalnya, kalau kamu menekan Ctrl+S di laptop Windows, shortcut untuk menyimpan dokumen di MacOS adalah Command+S.

Baca: Cara Mengetahui Handphone Oppo Asli Atau Palsu

Nah, tombol Control yang terletak di sebelah tombol Command memang dibuat untuk dapat melakukan kendali yang lain. Salah satunya, cara klik kanan pada Mac. Kombinasi tombol Control+klik pada trackpad akan mengaktifkan tombol klik kanan. Kamu akan langsung melihat beberapa opsi untuk melakukan formatting jika melakukan langkah ini di halaman editing dokumen.

Leave a Reply