Laptop Software

Cara Mudah Instal Ulang Sistem Windows 10 Di PC Atau Laptop Kamu

Sama seperti sistem pendahulunya, sistem Windows 10 juga akan mengalami perlambatan performa karena melakukan instalasi berbagai software di pc atau laptop itu sendiri. Selain sisa ruang di memori internal yang mulai menyempit, risiko lambannya sistem Windows 10 bisa jadi dikarenakan oleh malware. Untuk mengatasi hal itu, Microsoft menyediakan pengaturan untuk mengembalikan kondisi Windows 10 seperti baru pertama kali dibeli. Berikut caranya :

1. Persiapan

Sebelum menginstal ulang sistem Windows 10, perlu diketahui bahwa instalasi ulang ini akan menghapus semua software pihak ketiga yang telah kamu instal, maka dari itu kamu perlu melakukan pencadangan untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan. Untuk mencadangkan data kamu tanpa menggunakan software tambahan, di Windows tersedia cara yang bisa kamu lakukan. Ikuti langkah berikut:

Klik Start > Control Panel > System and Security > Backup and Restore

Loading...

Pada tahap selanjutnya, akan ada beberapa opsi yang ditampilkan Windows, yakni :

  • Set up backup, opsi ini diperuntukkan bagi kamu yang belum pernah menggunakan fitur pencadangan, atau baru menggunakan sistem operasi Windows.
  • Create a system image, opsi ini ditujukan untuk membuat berkas yang berisi informasi terkait komputer kamu di keadaan tertentu.
  • Create a system repair disc, opsi ini adalah pilihan untuk membuat berkas yang bisa digunakan untuk memperbaiki Windows.

Santar disarankan agar menyimpan berkas pencadangan ini di media penyimpanan eksternal atau di drive yang berbeda dari drive Windows diinstal yang umumnya terletek di drive C:\, jadi sebaiknya kamu hindari drive ini untuk menyimpan data backup. Ini ditujukan untuk menghindari terjadinya kerusakan berkas data hasil backup.

2. Lakukan Fresh Start

Fitur Fresh Start ini akan mengembalikan sistem Windows 10 kamu tanpa software tambahan yang sudah kamu instal, selain program Microsoft bawaan. Fitur ini merupakan bagian dari Windows Security, atau Windows Defender Security Center untuk beberapa versi Windows 10. Windows Defender Security Center ini merupakan pusat kendali untuk memantau proteksi perangkat dari serangan virus dan kesehatan sistem Windows 10 secara umum. Untuk bisa mengakses Fresh Start, ikuti langkah berikut:

Buka Settings > Update & security > Windows security > Open Windows Defender Security Center > Device performance & health > Fresh start

Di laman Fresh start, klik Get started dan pilih Yes ketika kotak dialog User Account Control muncul. Proses instalasi ulang Windows 10 ini akan memakan waktu sekitar 20 menit. Begitu selesai, Fresh start akan memberi tahu daftar program yang dihapus sehingga kamu tahu aplikasi mana yang harus diinstal ulang.

Leave a Reply