Home Aplikasi Cara Aktifkan Fitur Fingerprint Lock Di WhatsApp Versi Terbaru

Cara Aktifkan Fitur Fingerprint Lock Di WhatsApp Versi Terbaru

117
0

Terus melakukan pengembangan agar menjadi aplikasi perpesanan paling aman, WhatsApp meluncurkan fitur terbarunya, yaitu fingerprint lock. Fitur keamanan baru ini memungkinkan kamu untuk membuka aplikasi Whatsapp dengan hanya menyentuh jari di depan layar. Hal ini dilakukan oleh WhatsApp agar lebih aman dan tentunya lebih praktis ketimbang harus memasukkan PIN seperti di aplikasi pengunci lainnya. Fitur ini sebelumnya sudah digelontorkan dalam versi beta dan kini Whatsapp versi terbaru yang digelontorkan sudah stabil mendukung fitur ini.

Namun demikian, sesuai dari nama nya fitur ini tentu saja hanya bisa dipakai oleh pengguna ponsel dengan fitur pemindai sidik jari (fingerprint scanner). Untuk mengakses fitur fingerprint lock Whatsapp ini, kamu harus terlebih dulu memperbarui versi aplikasi. Versi terbaru Whatsapp yang sudah mendukung fitur ini adalah 2.19.308.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan :

1. Buka Menu Privacy dengan cara -> Di aplikasi Whatsapp ponsel kamu, buka menu Setting di pojok kanan atas. Setelah itu masuk ke menu Account. Lalu klik menu Privacy.

2. Klik Menu Fingerprint Lock -> Di dalam menu Privacy tadi, kamu bisa scroll menu. Jika ponsel kamu punya fitur fingerprint scanner maka pilihan Fingerprint Lock bisa kamu temukan di bagian paling bawah

3. Pengaturan Fingerprint Lock Whatsapp
Pada pengaturan pertama, kamu hanya perlu men-check radio button ke arah ON untuk pilihan Unlock with fingerprint

Pengaturan kedua adalah Automatically Lock. Di sini kamu akan diberi tiga pilihan; Immediately, After 1 minute, dan After 30 minutes. Jika kamu memilih Immediately maka begitu kamu menutup Whatsapp, aplikasi tersebut bakal langsung mengunci dan kamu bisa membukanya dengan fingerprint.

Selanjutnya, jika kamu menginginkan proteksi penuh maka kamu bisa menonaktifkan fitur ini. Sebaliknya, jika kamu mengaktifkannya, Whatsapp akan tetap memberikan pop-up notification yang kemungkinan bisa dibaca oleh orang selain kamu.

Sebagai catatan, bagi kamu yang mengaktifkan fitur quick reply, pesan juga masih akan terlihat di notifikasi. Selain itu, untuk Whatsapp Call atau Video Chat, pengguna juga bisa langsung menjawab panggilan tanpa harus membuka Whatsapp dengan sidik jari.