Arti Perencanaan Keuangan Adalah? Nih Definisi dan Fungsinya Bagi Ekonomi Anda

Tahukah Anda, yang dimaksud dengan perencanaan keuangan adalah? Penting untuk dipahami oleh siapapun. Karena, ini berkaitan dengan pengelolaan finansial. Supaya dapat digunakan secara bijaksana dan tepat. Terlebih, bisa dimanfaatkan dalam keperluan yang fungsionalis dan produktif. Bahkan, supaya dapat membuat nilai tambah.

 

Kebutuhan perencanaan keuangan adalah, penting baik untuk individu maupun instansi. Supaya finansial tetap berjalan dengan sehat. Tanpa mengalami overload dalam penggunaan. Dengan merencanakan terlebih dahulu, maka penggunaan dana lebih terarah. Bahkan, dapat dianalisa nilai fungsi dan prioritasnya. Supaya, tidak salah dalam membuat keputusan terkait keuangan. So, untuk lebih jelasnya langsung cek di bawah ini Guys! Cekidot.

 

Definisi Perencanaan Keuangan Adalah? Nih Jawabannya

Menurut Certified Financial Planner, definisi perencanaan keuangan adalah sebuah proses menggapai tujuan hidup seseorang agar tertata dengan mengelola finansial secara baik.  Dimana tujuan hidup yang dimaksud, merupakan dalam pandangan konvensional. Diantaranya seperti: Memiliki rumah atau tempat tinggal impian, menikah, mobil pribadi, ibadah haji, biaya pendidikan anak, dana pensiun, dan sejenisnya.

 

Sedangkan dalam pengertian general, kita dapat mengartikan perencanaan keuangan merupakan strategi mengelola dan merencanakan alokasi dana ke arah yang lebih tepat dan terarah. Sehingga, uang yang kita keluarkan dapat digunakan secara produktif dan fungsionalis. Tidak hanya mengikuti hasrat keinginan, yang mengarah pada konsumeris dan hedonis. Sebaliknya, membuat finansial untuk kebutuhan yang lebih berfungsi dan urgen. Terlebih bisa membuat rencana jangka pendek, menengah, dan jangka panjang pada finance yang dimiliki.

 

Fungsi Perencanaan Keuangan Adalah? Nih Pemaparannya

Fungsi dari perencanaan keuangan adalah, manajemen rencana penggunaan dana supaya lebih efisien dan efektif. Sehingga, finansial yang ada dapat dimanfaatkan secara tepat. Mengatur segala pos-pos kebutuhan untuk alokasi finance. Agar benar-benar menentukan budget yang tepat, dan membuat daftar prioritas akan pengeluaran. Dengan begitu, keuangan akan berjalan lebih sehat dan bijaksana. Tidak melakukan pengeluaran yang serampangan. Karena, dapat berakibat buruknya ekonomi Anda maupun instansi. Selain itu, terdapat beberapa fungsi perencanaan keuangan secara detailnya sebagai berikut:

 

Membuat Nilai Tambah. Dengan melakukan perencanaan keuangan, maka Anda dapat mengoptimalkan dana yang ada. Hal ini bertujuan, untuk membuat nilai tambah pada finansial Anda. Caranya, Anda bisa membuat value lebih dari finance yang saat ini dipunyai. Melalui beberapa hal, baik secara logis maupun religius.

Secara logis, untuk melipatkan keuangan Anda dapat melakukan investasi dan menambah cabang bisnis. Dengan investasi, maka aset akan bekerja untuk Anda dan mengalami peningkatan nominal. Baik kelipatan pada saham perusahaan Anda, maupun kepemilikan dana. Selanjutnya, dengan menambah atau memperluas bisnis maka sumber penghasilan Anda pun dapat berlipat. Artinya, income dan omset pun lebih besar daripada sebelumnya.

Sedangkan, secara religus membuat nilai tambah dapat dilakukan dengan zakat mall dan sedekah. Zakat mall 2,5% dari penghasilan menjadi hukum wajib bagi umat. Supaya harta yang Anda miliki menjadi bersih dan berkah. Nah, jika sedekah merupakan amal sunnah. Dimana Anda boleh mengeluarkan berapapun, seikhlasnya kepada orang yang membutuhkan atau anak yatim dan fakir miskin. Tuhan Yang Maha Esa telah menjanjikan, kepada siapa yang bersedekah akan dilipatgandakan rezekinya.

 

Peningkatan Produktivitas. Selanjutnya, perencanaan keuangan juga berfungsi untuk produktivitas. Artinya, merencanakan uang agar dapat dimanfaatkan pada hal yang lebih produktif dan menghasilkan fungsi pengembangan. Misalnya dalam perusahaan, maka dana bisa diarahkan untuk membesarkan development platform website dan aplikasi. Supaya memiliki fitur yang menjawab segala kebutuhan user. Dengan begitu, dapat membawa kemajuan bagi bisnis dan company Anda.

 

Alokasi Dana Supaya Lebih Tepat Sasaran. Merencanakan keuangan, tentunya akan membuat alokasi dana yang Anda miliki lebih tepat sasaran. Karena, Anda melakukan analisis finansial dan daftar kebutuhan yang benar-benar mendesak. Artinya, Anda mempertimbangkan secara matang terhadap pengeluaran yang lebih memiliki fungsi.

 

Untuk Perencanaan Jangka Panjang. Perencanaan jangka panjang, disini berkaitan dengan dana cadangan. Artinya, Anda dapat menyisihkan keuangan terhadap kebutuhan urgen di masa mendatang. Misalnya untuk keperluan masa pensiun, maupun mendaftar pada asuransi.

 

Membuat Daftar Prioritas dan Budgeting. Dengan perencanaan keuangan, maka Anda bisa membuat daftar prioritas dari kebutuhan Anda. Sehingga, pengeluaran Anda memiliki standar penting dan finansial digunakan secara tepat. Selain itu, Anda juga bisa membuat keputusan budgeting dari setiap list prioritas yang dibuat. Dengan begitu, penggunaan finance tidak akan mengalami overload.

 

Demikianlah artikel dari kami yang membahas tentang, definisi dan fungsi perencanaan keuangan adalah. Sehingga, dapat menjadi referensi bagi Anda dalam dunia finansial. Entah digunakan untuk manajemen keuangan pribadi, maupun untuk mencari posisi kerja di bidang finance. Terlebih, menjadi panduan bagi Anda dalam mengelola dana secara tepat. Demi mengalokasikan ke arah yang produktif dan fungsionalis. Oke Guys, sekian dari kami dan terimakasih.