Wanita Wajib tahu !! Tips Agar suami makin sayang

Sejalan dengan laju perkembangan  pembangunan di Indonesia,kami ingin berpartisipasi dalam memajukan dan mencerdaskan bangsa ,khususnya kaum wanita Indonesia,dengan mempersembahkan BUKU PINTAR PEREMPUAN untuk menambah Khasanah pengetahuan tentang wanita,khususnya ibu rumah tangga ,karena didalamnya tercakup pengetahuan kecantikan,perkawinan,perawatan bayi,kehamilan,kelahiran,ginekologi,belajar menjahit,memasak,dan masih banyak lagi rangkaian kegiatan bagi kaum wanita dan rangkaiann pengetahuan tentang wanita.

Kecantikan dambaan setiap wanita,,dengan mengetahui lebih banyak tentang kecantikan dan penggunaan alat-alat kecantikan,dapat membuat anda lebih serasi dalam merias diri.

Etika pergaulan perlu di pelajari karena akan menambah percaya diri dan bersikap anggun dalam berpenampilan.

Pengetahuan tentang perawatan alat rumah tangga,perlu di pahami karena selain dapat menhemat dan lebih lama penggunaan alat tersebut.

Mudah-mudahan bila anda telah membaca ini akan menambah keyakinan dalam penampilan dan feminine.

 

BUSANA KAIN PANJANG DRAPPERY.

Cara penggunaan kain panjang pegang ujung kanan dengan tangan kanan.Sisakan ujung kiri kain kira-kira 30 cm untuk drapery,dan pegang dengan tangan kiri,lalu di ukur supaya jatuhnya tepat di tengah bagian muka.

Dengan tangan kanan,ujung kain sebelah kanan dilibatkan ke sekeliling tubuh dengan cara memasukan kain ke dalam,gunanya untuk mengetahui dari mana ujung kain bagian dalam harus mulai dilibatkan,agar sisi drapery dapat jatuh di tengah muka.

Sesudah dapat diketahui darimana kita harus mulai melibatkan kain,anda dapat mengerutkan ujung kanan kain sedikit untuk mendapat hasil akhir yang rapi pada bagian bawahnya.

Libatkan kain mengelilingi  tubuh dengan hati-hati,agar kain tidak balapan.lalu ikat dengan tali,sesudah drapery di temukan dan diletakan di tengah muka.

Rapikan sisa lipatan dan ratakan kemudian anda dapat mengenakan step ini atau long torso.

Kenakan kebaya yang telah disiapkan,perlu di perhatikan,sedapat mungkin long torso tidak terlihat dari luar.Jika tampak juga,sebaiknya tutuplah dengan selendang atau secarik kain yang serasi warnanya.dengan kabaya atau kain panjang.

BUSANA KAIN BERWIRU.

Panjang kain yang paling baik sebatas mata kaki.Usahakanagar kain tidak terlalu sempit sehungga tidak sukar melangkah.Pakailah selop yang akan dikenakan sebelum mamakai kain,agar panjang kain kelak tidak berubah.

Cara memakainya

Pertama ukurlah dimana kira-kira bagian yang berwiru nanti terletak.

Langkah berikut ini ada tiga cara:

Ujung kain yang berlawanan dengan bagian yang telahdiwiru dilipat berbentuk segi tiga keluar atau kedalam setelah itu ujungnya di selipkan pada celana dalam.

Uung kain yang berlawanan dengan bagian yang telah diwiru di kerutkan ke atas lalu diselipkan pada celana dalam.

Ujung-ujung kain (atas dan bawah)bagian yang berlawanan dengan yang telah diwiru diikatdi pinggang.Selajutnya kain dililit mengelilingi tubuh bagian pinggang ke bawah.Sementara itu bagian yang berwiru di pegang erat di bagian tengah,jangan di  ujung,agar tidak lepas.

Rapikan bagian bawah kain setelah itu wiru ditahan dengan satu tangan.

Rapikan bagian atas kain dengan menariknya kearah atas,tanpa melepaskan wiru.

Ikat kain dengan tali bagian pinggul.

Pakailah setengah di mulai dari bagian keatas.Ujung setagen disisipkan di pinggang dan disematkan dengan peniti agar tidak terlepas.Kalau tidak menggunakan setagen,dapat mengenakan waist-nipper(ikat pinggang lebar dan lentur).Bila mengenakan long –torso yang menggunakan ritsluting di depan,sebaiknya di tutupi lagi dengan selendang.

Yang perlu di perhatikan

Kain sebaiknya diwiru sebelum disimpan dalam lemari agar bila diperlukan letak wiru sudah bagus.Pilihlah bahan kebaya yang tidak terlalu tipis agar pakaian dalam tidak tampak,atau berilah lapisan pada bagian yang tipis.

Bila mengenakan long-torso yang memakai ritsluting di depan sebaiknya ditutupi dengan selendang yang warnanya netral atau yang senada dengan warna kebaya.

 

BUSANA ROK.

Panjang rok tepat diatas lutut.

Sembunyikan paha yang besar di bawah rok lipat yang panjangnya tepat di bawah bagian yang bermasalah .Model rok yang supel,terutama jika dibuat dari bahan yang agak lemas tidak akan mengekspose bentuk yang tidak ideal didalamya.anda tetap dapat diperhatikan orang dengan mengenakan ikat pinggangcantik yang menghiasi pinggang yang langsing.

Panjang rok di antara lutut dan paha.

Betis yang besar dapat dialihkan perhatiannya dengan lebih menampakan paha yang langsing.Jadi perpendeklah garis rok mini yang berbentuk lurus(tabung) kira-kira 3-4 inci(7.5 – 10 cm) diatas lutut.Karena garis yang meninggi itu akan menarik pandangan matake atas betis yang tidakideal tersebut,dan memanjangkan bentuk kaki.Selain itu juga melangsingkan betis berotot.Stocking dalam warna gelap dan sepatu bertumit rendah akan lebih membantu dalam melansingkan betis anda.

Panjang rok di atas lutut.

Rok mini dengan model yang menarik seperti bentuk klok,dari bahan lembut yang anggun ini panjangnya berhenti tepat beberapa inci di atas lutut.Fungsinya,mengalihkanperhatian orang dari bentuk pergelangan kaki yang besar.Sedangkan pergelangan kaki yang besar tersebut akan tampil samakin langsing jika anda mengenakan stockings berwarna gelap dan sepatu bertumit paling rendah 3cm.

Panjang rok mini.

Jika anda memiliki sepasang kaki yang kurus dan lurus tanpa lekuk,kenakan rok mini yang panjangnya di naikan 5-6 inci (12.5 -15 cm )di atas lutut.Anda dapat mengenakansepatu boot tinggi,atau stockings dengan warna terang yang menambah volume bentuk kaki sehingga kaki kurus sedikit tertolong penampilannya.

BUSANA CELANA PANJANG.

Celana yang sesuai dengan dengan bentuk tubuh

  1. Kaki Pendek

Celana ketat dengan ban pinggang yang di prpanjang ke atas,membuat kaki tampak lebih panjang.Untuk memberi kesanpinggang ramping,ban di beri ikat pinggang dan pakailah sepatu tertutup dengan guntingan yang dalam untuk kesan kaki lebih panjang.

  1. Paha besar

Celana gaya penunggang kuda dengan bagian atas lebar dan bagian bawah menyempit.Selain modis juga dapat menolong menutupi problem paha besar.Tambahan rompi agar penampilan tampak gaya.

  1. Pinggang kecil,paha besar

Elana super longgar dengan banyak lipit sekeliling pinggang terbuat dari kain yang lembut dan ringan,paling cocok menutupi paha yang besar.Untuk member penekanan pada pinggang yang ramping,pakailah ikat pinggang yang menyolok.

  1. Pinggul terlalu besar

Pakailah celana ketat dari kaos,tetapi tutupilah bagian paha dan baddan atas dengan kemeja longgar dan panjang dalam warna menyala dan motif ramai.

  1. Perut buncit

Pilihlah celana dengan banyak lipit dimuka,tetapi ketat di belakang.Tambahkan saku yang menyerong letaknya akan membuat pemakai lebih langsing.

PADDING

Padding untuk blus potongan ragian,kimono, atau bentuk bahu turun.

Padding kecil : tebal 0,75 cm – 1 cm :untuk blazer , jaket , gaun dan blus.

Padding sisip : Bentuk padding yang di bentuk khusus untuk blus/gaun dengan lengan gembung yang di jahit tepat pada potongan/jahitan kea rah luar(berbentuk seperti sirip/sayap).

Padding untuk blus dengan ptongan lebih lurus.

Padding kecil : tebal 0,75 cm – 1 cm :untuk blazer , jaket , gaun dan blus.

Padding sedang : tebal 1,25 cm – 2.50 cm : untukjaket atau blazer.

KORSET

Pikirkanlah kesenangan akan rok dalam pada pakaian yang lama disamping korset wanita atau pakaian lain yang baru untuk membentuk dan menyangga tubuh.Pakailah yang dulu sedikit ketat persis diatas pangkal paha tanpa tarikan atau kerut,pakaian tersebut kelihatan setengah dari umurnya dan dua kali eloknya.

Korset wanita atau pakaian lain untuk membentuk dan menyangga tubuh addalah merupakan bagian yang penting dari lemari pakaian kita,barang-barang tersebut termasuk anggaran belanja pakaian,kenyataannya barang-barang itu yang pertama kali masuk ke dalam anggaran belanja pakaian,karena barang-barang itu membentuk kembali bentuk badan kita menjadi bentuk badan yang lebih indah, dan membuat semua pakaian sebelah luar kita pantas,cocok,dan jauh lebih baik.

Korset wanita atau pakaian lain yang untuk membentuk dan menyangga tubuh memerlukanpencucian sekali seminggu jika pakaian tersebut di pakai lagi.Hal tersebut mengistirahatkan kain,dan mungkin menggandakan kehidupan dari pada pakaian itu jika di pakai dan di pakai lagi.

Korset yang cocok.

Korset wanita atau pakaian lain untuk membentuk dan menyangga tubuh yang akan membuat tubuh anda lebih indah berada tidak lebih jauh dari bagian korset yang terdekat dengan ruangan untuk mengepas.Belakangan ini ,kadang-kadang andda harus menunggu tukang jahit mempunyai waktu luang.Kemudian anda tertarik.Mengapa tidak mengambil kesempatan dan membeli barang tersebutdi took? Ini adalah kesalahan besar.Model yang di pakai bagus tahun lalu,tidak selalu baik untuk tahun ini.Anda bisa bertambah atau kehilangan berat atau sedikit tonjolan yang menambah berat sedikit tetapi menambah inci di sekitar pantat dan pinggang.Pengepasan korset atau pakaian lain yang membentuk dan menyangga tubuh merupakan pekerjaan yang memerlukan keterampilan tinggi,tukang jahit yang baik adalah teman terbaik tubuh anda.Sukar untuk menemukan dan berteman dengannya.

Korset cukup memberikan kebebasan bergerak selama olahraga : rok bawah dan “waspies” di rancang untuk mengecilkan pinggang dengan baju rok yang khusus : B.H yang di beri tulang untuk di pakai dengan pakaian yang bertali bahu.Tukang jahit perlu mengetahui tentang kegiatan khusus yang penting bagi korset anda.karena ini akan langsung mempengaruhi pilihannya  terhadap kain dan rancangan.Ingatlah,apabila anda telah membeli korset atau pakaian lain untuk membentuk dan menyangga tubuh untuk tujuan yang khusu ,barang tersebut harus cocok dengan tujuan itu.Rancangan rok bawah,misalnya hanya cocok di pakai dengan baju rok yang berlipat-lipat lebar.Jangan sekali-kali memakai rok ketas di malam hari atau lainnya tanpa korset atau pakaian lain yang panjang untuk membentuk dan menyangga tubuh.Rok ini tidak perlu tebal,kecuali kalau anda memerlukan pengaturan pinggul yang berat.Juga korset yang berlubang yang tipis cukup “menyembunyikan sobeken”.

B.H tidak bertali bahu.

B.H atau baju baja yang tak bertali bahu,walaupun perlu tapi penggunaannya terbatas untuk pakaian tak bertali bahu.Pakaian tersebut di rancang hanya untuk dipakai sekali-kali,kalau dipakai setiap hari,pakaian itutidak dapat member peningkatan terakhir dari B.H. dengan tali bahu.Orang-orang yang mempunyai kesulitan dengan tali bahu yang tidak enak kadang-kadang memiliki B.H. tak bertali bahu sebagai jalan keluar yang mudah.Jika anda mempunyai bahu yang miring, lebih baik anda mendapatkan model dengan tali bahu yang empuk dan lebar, bertali mewah jika mungkin.Tidaklah bijaksana untuk memakai “waspie” setiap hari.”waspie” memperbaiki ukuran pinggang anda tetapi tidak menolong pencernaan dan pernapasan anda.Pernapasan dengan paru-paru penuh mencegah pembentukan lemak yang berlebih.

Ada dua B.H. yang mempunyai tujuan khusus yang dapat di pakai sepanjang waktu.Yang pertama,model dengantali bahu yang sangat lebar,dirancang untuk mencegah rok dalam kelihatan dan mencegah merusak tali dari garis leheryang di potong lebar.Yang kedua B.H. yang setengah memlengkung yang begitu menyenangkan dengan pakaian apa saja dengan baju.wanita yang lehernya sangat rendah ini seringcocok untuk seseorng dengan “kesempurnaan puncak” yang sangat sedikit sampai dada.

Bentuk tubuh dan korset

Ada petunjuk praktis tertentu mengenai jenis korset atau pakaian lain yang mana untuk membentuk dan menyangga tubuh yang kemungkinan besar sesuai untuk jenis bentuk tubuh.

Setiap tukang jahit mengetahui hal ini,tetapi jika anda mengetahuinya juga,Anda akan melihat alas an di belakang pakaian yang ia bawa untuk anda coba.Bentuk tubuh dengan pinggul yang besar biasanya kelihatan paling rapi dalam korset yang kuat dan besar,dan B.H. yang terpisah.

Bentuk tubuh yang berat mungkin memerlukan korset atau pakaian lain yang memakai tulang untuk membentuk dan menyangga tubuh karena kegemukan mungkin menolak pakaian tali bertulang.

Bentuk tubuh yang membungkuk dengan nyata memerlukan tambahan pengaturan pertu,tetapi cara untuk mendapatkannya bukan melalui  korset yang pendek dan ketat.Hal itu hanya akan mendorong daging yang tidak padat ke pinggang yang menonjol.Jawabnya mungkin korset yang besar dengan tambahan pengaturan perut atau dapat sebuah baju baja sejauh baju ini memberikan tambahan pengaturan yang sama pada perut.

Bentuk tubuh yang langsing yang biasasnya tidak perlu pengaturan yang ketat,tetapi juga korset yang cocok dan tipis membuat perbedaan pada garis bentuk yang langsing dan cara bergantung pakaian yang halus.

Dada yang sangat kecil memerlukan,pertama B.H. yang menggemberikan dan yang membantu anda untuk membuat paling banyak dari setiap incinya.B.H yang berlapis lebih efektif.

Dada yang layu,terutama sekali jika dada tersebut juga besar memerlukan B.H dengan penyangga di bawahnya.

Hal ini menghilangkan ketegangan pada tali pengikat di bahu,juga menjadikan lebih indah : lebih lengkung bentuknya pengangkut itu biasanya di berikan dengan penguatan di bawah lengkungan :jangan seringkali melalui pita yang di pasang dengan baik mengililingi sekat rongga badan di bawahdada,memberikan sandaran dari bawah.Letak dada yang terlalu dekat dapat lebih indah:dipisahkan oleh B.H dengan lengkungan yang jaraknya di pisahkan oleh sepotong kain kecil atau karet.

Memakai Korset

Paling baik untuk memakai semua korset wanita atau pakaian lain yang berikutnya untuk membentuk dan menyangga tubuh. Rompi dari sutera atau rayon membuat ikat pinggang yang di kenankan tidak menyenangkan. Bagi mereka yang bersikeras untuk memakai rompi di sebelah bawah seharusnya me-milih katun atau campuran wol yang baik {dan pakailah setengah yang paling atas dari rompi diatas B.H. Anda} Cara yang paling mudah untuk memakai ikat pinggang tanpa ulang dengan pengunci adalah mengerahkan ikat pinggang ke sebelah dalam dan keluar, dan menariknya terbalik. Kemudian silangkan kaki Anda, dan berdirilah dengan kaki rapat, tarik satu kaki ke atas sampai pingirian baju paling bawah. Kemudian peganglah pinggiran paling atas dan tarik ke arah atas atau, putar sisi pakaian yang sebenarnya keluar. Peganglah selalu ikat pinggang dengan bantalan ibu jari dan jari dan pada kelim agar kuku anda tidak menusuk kain dan tidak merusak serat. Bila hal ini sedang berlangsung, turunkan ikat pinggang dengan hati-hati di belakang agar ikat pinggang pas dengan sempit di bawah dan di dalam tempat duduk dan memberikan ikat pinggang terangkat sedikit di bagian depan.  Untuk memasang ikat pinggang dengan pengunci, biarkan pengait yang paling tipis dikaitkan untuk mencegah ketegangan dalam hubungan , masukanlah kedalamnya dan susunlah dengan hati-hati Kaitkan setiap pengait dan mata dari pengait-pengait yang paling tipis ke arah atas. Peganglah risleting dengan telapak tanag kiri Anda tepat di bawah mulainya sebelum menarik kunci ke atas dengan tangan kanan. Paling baik untuk mengikat tali selempang, mulai dengan bagian belakang sebelum menyelesaikan pengunci sisi. Berhentilah untuk merapikan tali selempang setelah ikat pinggang dipasang, boleh memasang ikat pinggang seperti itu dan boleh lain. Segera sesudah itu periksalah hal-hal seperti ini : Pinggiran yang paling atas harus pas, Jika pinggiran ini mendorong dan mengangkat gulungan berarti korset terlallu ketat. Bagaimanapun jangan terlalu longgar karena akan membuat tonjolan di bawah pakaian. Pinggul harus benar-benar pas, peganglah perut dengan rata dan pantat ditarik rapat-rapat. Keriput di perut menandakan korset terlalu ketat, dan itu berarti tidak enak dipakai. Pinggiran yang lebih rendah harus tidak ada kelonggaran atau potongan sampai paha. Keadaan sempit dalam hal semacam ini dapat menyebabkan pembuluh mekar. Korset harus dalam keadaan baik di pantat, siapkan lipatan kira-kira dua inci. Sehingga membatasi gerakan kaki atau tidak enak ketika duduk. Panjang dari bagian yang paling atas sampai paling bawah berbeda-beda, tergantung pada bentuk tubuh Anda. Mereka yang cenderung kelihatan kurus, paling rapi dengan korset yang rendah, potongan ikat pinggang yang pendek yang cocok dengan bagian atas pinggul dan lebih baik dengan korset yang dibuat tepat di atas diafrahma dan di cocokan dengan pita B.H. Baju baja atau di pakai untuk berbagai keperluan mungkin pilihan terbaik. Tulang. Apabila Anda suka atau memerlukan pakaian bertulang, jangan membuat tulang itu tearasa. Tulang-tulang bagian depan yang di tusukkan kedalam kunci paha terlalu panjang. Tulang-tulang bagian belakang yang kena kursi sewaktu anda duduk terlalu panjang atau terlalu pendek. Anda harus duduk tulang belakang atau tulang luput dari kursi. Tulang pinggang tidak menusuk daging. Jenis yang di pasang miring seringkali paling enak. Tulang depan yang menusuk apabila Anda membungkuk terlalu panjang atau dalam posisi yang salah bag bentuk tubuh Anda. Pada waktu sekarang, tulangu untuk penyokong tambahan perlu hanya untuk bentuk tubuh yang lebih lebar dimana daging yang cukup padat mendorong pakaian yang tak bertulang keluar dari bentuk. Orang yang moderen secara ilmiah telah merancang pakaian yang dapat member dukungan yang sempurna, tanpa tulang untuk ukuran tubuh sampai 34 inci mengelilingi pinggang dan 46 inci mengelilingi pinggul. Tulang lunak yang kecil mengelilingi garis pinggang  kadang-kadang perlu, dalam ukuran yang lebih besar, untuk mencegah pakaian dari gulungan di bagian paling atas.

 Memakai B.H.

B.H. harus dipakai berikutnya, maka cobalah dengan cara seperti itu. B.H. tidak lengket di dada sebagaimana mestinya dan membentuk dada menjadi garis-garis yang baik jika sesuatu dipakai di sebelah bawah. Bila memakai B.H., condonglah ke depan dan kenakan B.H. di bawah dada. Berdirilah sebelum dikaitkan dan tariklah punggung dengan baik untuk mendapatkan peningkatan bagian depan yang tertinggi. Kemudian periksalah hal berikut ini: Tali bahu harus rapi di atas bahu tanpa potongan. Kalau terlalu longgar, tali tersebut tidak member dukungan : kalau terlalu ketat, tali itu akan membuat B.H. terpotong di bawah dada. Kebanyakan tali B.H. dapat disesuaikan pada zaman sekarang Pasanglah ke atas dan ke bawah untuk mendapatkan tegangan yang tepat. Dada yang besar memerlukan tali bahu yang lebih lebar, Pinggiran yang paling atas harus pas tetapi tanpa mengerut. Bila ada tonjolan daging pada setiap sisi di depan, atau di bawah lengan, ini terlalu ketat atau lengkungan terlalu rapat. Apabila ada bantalan daging di atas bahu, ini terlalu tipis di atas punggung.

Pinggiran yang lebih rendah harus benar-benar pas tetapi enak di bawah dada.Jika pinggiran ini memotong daging yang empuk : B.H. terlalu dangkal (atau tali bahu terlalu pendek).Jika hal ini menyebabkan tonjolan yang cepat di bawah hal ini terlalu ketat atau anda memerlukan rancangan yang di buat untuk pita atau mungkin pengaturan diafragma.Yang terakhir adalah pita yang bagian dalamnya menutupi dan mengatur seluruh bagian muka badan.Ini merupakan ketat yang tidak menyenangkan atau ini akan mengganggu pernapasan dan mungkin menyebabkan salah cerna.Ini harus di kaitkan pada korset anda untuk mencegah pergeseran ke atas.

Lengkupan harus cocok dengan dada seteliti-setelitinya sebagai kulit kedua,tetapi tanpa tekanan pada setiap tempat tekanan pada lengkungansebelah luar dari dada menunjukan bahwa lengkungan sangat rapat.Selain buruk untuk anda ,hal ini member pemandangan “bantal”yang tidak wajar.Penampilan yang rata dengan tekanan di atas puting susu menunjukan anda membutuhkan lengkungan yang lebih dalam.Nyaman di pasang di bawah dada dan penguatan di tempat ini member pengangkat di bawah yang terutama untuk dada yang besar.

Cara mengepas.

Ada bagian khusus yang anda lakukan sendiri di ruang pas,sesuatu yang tukang jahit tidak dapat melakukannya untuk anda.Anda membuat gerakan yang perlu untuk menguji apakah pakaian enak di pakai waktu bergerak.

Cobalah pada korset atau baju baja,kemudian duduklah,bungkukkan badan dan lenturkan.Jongkoklah seolah-olah anda sedang memotong pakaian di lantai.Hal ini menolong tukang jahit untuk memeriksa gerakan pakaian waktu anda pakai.Ingatlah,jika ada hal yang tidak di senangi  ketika anda mengepas pakaian,hal tersebut akan menyiksa anda apabila anda memakainya.

Cobalah B.H. angkat dan rentangkan lengan anda untuk menguji kemantapannya jika tak bertali bahu,jenis bertulang.Apabila B.H naik ,atau turun bila anda mengerakkan lengan,hal ini akan menyengsarakan anda bila anda berdansa,memainkan permainan atau mengerjakan pekerjaan rumah,dan ini berarti tidak cocok,maka cobalah yang lain.

Cobalah yang lain,sampai anda mendapatkan yang sempurna ini benarmerupakan rahasiakeberhasilan pembelian korset wanita atau pakaian lain untuk membentuk dan menyangga tubuh.Ini memerlukan waktu dan kesabaran tetapi enak dan baik di pakai.

Korset untuk ibu hamil

Korset ini bebrbrda dengan korset biasa.Korset ini di rancang secara khusus untuk menjaga supaya otot-otot tetap kencang.Korset ini mempunyai beberapa pengait.Ibu bisa mengatur sendiri pada pengait mana ia merasa lebih enak.

Beha penunjang.

Selama masa hamil sebaiknya ibu menggunakan beha yang sesuai dengan pembesaran yang tengah berlangsung.Beha itu harus mempunyai tali yang cukup ketat sehingga payudarar tertunjang dengan baik.Tali tersebut harus cukup lebar.

B.H ini bebrbentuk sedemikian rupa sehingga meskipin ketat yang di perlukan untuk menopang payudara,tetapi enak di pakai.

Beha untuk tidur.

Terus menerus mengenakan beha yang ketat tentu tidak menyenangkan.Mungkin itu sebabnya ada kebiasaan di antara ibu-ibu untuk membuka beha selama tidur.Dalam masa kehamilan sebaiknya kebiasaan itu tidak di lakukan.Payudara tumbuh membesar selama masa kehamilan dan perubahan itu harus di tunjang oleh pemakaian beha yang sesuai,supaya payudara tidak mengendor setelah persalinan kelak.Khusus untuk tidur,ibu bisa memakai beha yang lembut,tetapi bisa berfungsi menopang payudara sehingga tidak mengendor.Beha semacam ini juga bisa di pakai untuk mengikuti latihan senam atau pada waktu-waktu santai.

 

 

Beha untuk menyusui.

Selama menyusui sebaiknya ibu menggunakan beha berkancing depan,supaya tidak terlalu repot ketika waktu menyusui tiba.Sebaiknya mangkuk(cup) beha itu terletak cukup jauh ke belakang kalau di buka,sehingga tidak terkena tetesan-tetesan susu.

B.H. praktis untuk menyusui.

Mangkuk beha ini bisa di buka.Jadi tak perlu repot-repot membuka kancing.Kalau hendak menyusui cukup dengan membuka”jendela”itu saja.

 

 

 

 

 

NY.ERNAWATI & EDI.S

Penerbit CV BINA MULIA