Wanita wajib baca !! Beberapa Buah dan sayuran untuk kecantikan.

Kulit sehat, kenyal, dan terawat tentu idaman semua orang. Di tengah banyaknya suplemen yang memiliki janji untuk menyehatkan kulit, sehat dari dalam pun bisa Anda dapatkan dengan konsumsi makanan tertentu, termasuk buah yang bagus untuk kulit. Apa saja?

Jenis buah yang bagus untuk kulit agar tetap sehat

Kulit adalah organ terbesar pada tubuh. Fungsi kulit adalah melindungi tubuh dari paparan kuman, mikroba, dan infeksi. Selain itu, kulit juga berfungsi penting untuk merasakan sensasi dan mengatur suhu tubuh. Mengingat ada berbagai fungsi kulit yang sangat penting bagi tubuh, maka mengonsumsi makanan sehat, termasuk berasal dari buah-buahan, ternyata baik untuk kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa jenis buah yang bagus untuk kulit agar tetap sehat dan terawat.

1. Alpukat

Salah satu buah yang bagus untuk kulit sehat adalah alpukat. Alpukat mengandung lemak sehat yang bisa membuat kulit elastis dan tetap lembap.Para ilmuwan menemukan bahwa konsumsi lemak sehat dalam buah untuk kulit ini telah dikaitkan dengan kulit yang kenyal.Tak hanya itu, buah berwarna hijau ini juga menjadi sumber vitamin E yang baik.Manfaat vitamin E dapat berperan menjadi molekul antioksidan yang membantu kulit terlindungi dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.Menurut para ahli, fungsi vitamin E tersebut bisa jadi optimal dengan konsumsi vitamin C, yang juga terkandung dalam buah alpukat.Manfaat vitamin C berasal dari kandungan antioksidan yang membantu produksi kolagen untuk kulit sehat.

2.Blueberry

Blueberry juga menjadi buah yang bagus untuk kulit. Buah blueberry mengandung vitamin C dan vitamin A, yang dikenal baik untuk kesehatan kulit dalam mencegah penuaan dini. Tak hanya itu, buah untuk kesehatan kulit ini memiliki molekul antioksidan antipenuaan yang disebut dengan antosianin. Antosianin adalah senyawa alami yang menyebabkan warna biru pada buah blueberry.Vitamin A, vitamin C, dan antosianin dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sengatan matahari, stres, dan polusi udara. Berbagai kandungan zat tersebut bekerja dengan meredakan peradangan dan mencegah kulit kehilangan kolagen.Jenis buah-buahan berry lainnya pun dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda, termasuk stroberi, raspberry, dan blackberry.

3. Tomat

Buah yang bagus untuk kulit sehat berikutnya adalah tomat.Tomat kaya akan vitamin dan mengandung pigmen alami karotenoid berupa likopen. Tomat juga mengandung vitamin C yang terbukti sebagai molekul antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit, termasuk dengan membantu produksi kolagen. Tomat memiliki banyak vitamin dan dapat melembutkan kulit tangan.

Caranya: campurkan air buah tomat dengan jumlah yang sama dengan air jeruk nipis dan glycerine (dapat di beli di apotek ).Bubuhkan pada tangan dan lakukan massase dengan gerakan seperti sedang membasuh tangan.

4.Pepaya

Siapa sangka pepaya menjadi salah satu buah yang baik untuk kesehatan kulit? Ya, buah untuk kesehatan kulit ini mengandung molekul antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Manfaat buah pepaya untuk kulit juga dapat mengurangi garis halus dan kerutan yang menjadi tanda-tanda penuaan dini.Beberapa kandungan buah pepaya yang cocok menjadi pilihan buah yang baik untuk kulit, yaitu:

Lebih memukau lagi, buah pepaya mengandung enzim papain. Enzim papain sering kali ditambahkan ke dalam produk-produk eksfoliasi kulit yang bertindak sebagai zat antiradang dan mencegah penuaan.

Untuk meluruhkan sel-sel kulit yang telah mati, anda dapat memanfaatkan papaya.

Caranya :Gunakan papaya yang sudah di lembutkan sebagai masker, dan biarkan selama lima belas menit.

Pepaya juga , bila dimakan, dapat mencegah kerut-kerut pada kulit.Ini karena zat di dalam papaya dapat meremajakan collagen.

5. Jambu biji

Ragam manfaat jambu biji untuk kesehatan membuatnya mungkin menjadi salah satu buah yang populer di Indonesia. Di samping itu, jambu biji juga menjadi buah yang bagus untuk kulit yang bisa Anda konsumsi.Jambu biji, bersama buah tropis lain (mangga, kiwi, dan nanas), menjadi sumber buah-buahan yang mengandung vitamin C. Konsumsi vitamin C telah dikaitkan dengan peningkatan produksi kolagen.Selain itu, jambu biji juga memiliki sedikit kandungan zinc, yakni salah satu faktor yang mampu memproduksi kolagen.

6. Jeruk

Konsumsi jeruk secara rutin baik untuk kesehatan kulit

Jeruk telah menjadi buah yang identik mengandung vitamin C, yang berkaitan dengan produksi kolagen untuk kulit  sehat. Selain jeruk, buah sitrus lain pun penting untuk kesehatan kulit yang mudah dicari.

Air dan minyak yang terkandung di dalam kulit jeruk manis berguna sebagai pembersih dan tonik untuk kulit kering maupun normal.

Untuk pembersih caranya:Masukan kulit jeruk ke ddalam air hangat, lalu tusuk-tusuk kulit jeruk itu dengan ujung pisau.Biarkan kulit jeruk di dalam air ini sampai semalam, dan gunakan untuk membasuh wajah untuk ke esokan paginya.

Ada juga jeruk nipis yang memiliki keistimewaan sebagai pemutih dan penyegar terutama untuk kulit yang tampak lelah.

Caranya: Kocok sebutir merah telur (untuk kulit kering/normal )atau putih telur (untuk kulit berminyak), peras setengah jeruk nipis lalu masukan kulit jeruk nipis tersebut kedalam campuran.Biarkan campuran ini semalaman agar telur menyerap minyak dari kulit jeruk.Lalu bubuhkan pada wajah,kecuali sekeliling daerah mata, dan diamkan selama sepuluh menit kemudian bilas wajah menggunakan air hangat.

7. Pisang

Pisang juga menjadi buah untuk kesehatan kulit yang bisa dikonsumsi.Kandungan asam amino pada pisang dipercaya dapat meningkatkan elastisitas kulit. Kabar baiknya, pisang juga mengandung zinc dan kalium. Zinc bermanfaat untuk melawan infeksi bakteri dan mencegah jerawat. Sementara, kalium diyakini mampu menghidrasi kulit. Bahkan, kulit pisang pun tak kalah bermanfaat. Menggosokkan bagian dalam kulit pisang secara teratur dapat membantu mencerahkan kulit kusam.

8. Semangka dan Melon

Semangka mampu mengencangkan kulit, kandungan air yang banyak dalam buah semangka membuatnya jadi pilihan buah yang baik untuk kulit sehat.Hal ini bukan tanpa alasan karena semangka mengandung astringent alami yang mampu mengencangkan kulit.Buah untuk kesehatan kulit ini juga dapat merevitalisasi kulit kusam menjadi lebih cerah.Selain itu, kandungan karoten di dalamnya diyakini dapat mengendalikan tanda-tanda penuaan.

Cairan buah semangka dan melon menyimpan dingin paling lama di antara buah-buahan lainnya, dan baik di jadikan kompres untuk kulit yang terbakar matahari.

caranya :Daging buah di iris, lalu balut dengan kain kasa dan letakkan pada wajah sekitar lima belas menit,kemudian bilas dengan air bersih dingin.

9. Kiwi

Buah kiwi bagus untuk kulit karena mengandung asam lemak omega 3 yang mampu mencegah infeksi kulit dan kulit kendur. Buah kiwi juga mengandung vitamin C yang dapat membantu kulit memproduksi kolagen.Lebih lanjut, buah kiwi juga dapat mengendalikan produksi minyak berlebih sehingga mengurangi kemungkinan wajah Anda yang lengket.

10. Apel

Manfaat buah apel untuk kulit memang tidak disangka-sangka. Buah apel juga mampu mencerahkan kulit kusam sekaligus efektif menghilangkan patogen dan minyak berlebih di wajah.

Zat yang terdapat di dalam apel dapat menetralisir minyak yang berlebihan pada wajah, sehingga cocok untuk kulit yang berminyak.

Caranya: parutlah buah apel secukupnya dan bubuhkan pada wajah kemudian diamkan selama sepuluh menit sampai lima belas menitsambil tiduran, kemudian bilas wajah menggunakan air hangat.

 

11. Delima

Kandungan buah delima sangat baik untuk kulit sehat,buah delima merupakan sumber nutrisi pilihan yang baik untuk kesehatan kulit lainnya.Manfaat buah delima bagi kulit adalah membantu menyamarkan garis-garis di wajah dan bintik-bintik cokelat di wajah. Kandungan polifenol dalam buah delima mampu melawan radikal bebas dan meningkatkan aliran darah sehingga kulit tampak lebih sehat. Delima juga mampu mencegah dan mengobati kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet yang berasal dari matahari. Anda bisa mendapatkan manfaat buah untuk kesehatan kulit ini dengan cara mengonsumsinya secara teratur sebagai jus. Konsumsi kulit buah delima bersamaan dengan bijinya dipercaya dapat mendorong pertumbuhan sel kulit dan menghambat munculnya keriput secara alami.

12. Mangga

Menambahkan buah mangga ke dalam asupan harian Anda secara teratur ternyata tak kalah baik untuk kesehatan kulit. Buah mangga mengandung vitamin C yang tinggi untuk membantu mendukung produksi kolagen secara alami. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah mangga pun dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Jenis sayuran  yang bagus untuk kulit agar tetap sehat.

Pada dasarnya hampir semua jenis sayuran bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Namun ada beberapa jenis sayuran yang memiliki kandungan nutrisi paling tinggi dan sangat cocok untuk merawat kecantikan kulit.

Sayuran terbaik untuk kulit cantik dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya ini. Kamu bisa mengonsumsi berbagai macam sayuran tersebut dengan rutin. Selain baik untuk perawatan kulit cantik, kamu juga akan mendapatkan efek positif untuk kesehatan.

 

Tak hanya aneka buah yang bagus untuk kulit sehat dan terawat, kelompok makanan lain pun bisa Anda konsumsi sehingga penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang bervariasi.Kelompok makanan yang dimaksud bisa berasal dari sayur-sayuran. Berikut adalah sederet pilihan sayuran yang bagus untuk kulit:

1. Brokoli

Salah satu jenis sayuran yang bagus untuk kulit adalah brokoli.Brokoli kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan kulit. Misalnya, zinc, vitamin A, dan vitamin C. Brokoli juga mengandung lutein, yakni sejenis senyawa karotenoid yang bekerja layaknya beta karoten. Fungsi lutein dapat melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang menjadi penyebab kulit kering dan keriput. Pada kuntum brokoli, terdapat kandungan senyawa khusus yang disebut dengan sulforaphane.Kandungan ini disebut-sebut memiliki efek antikanker, termasuk untuk menangkal beberapa jenis kanker kulit. Hasil studi menyebutkan bahwa sulforaphane dapat menjaga kadar kolagen pada kulit.

2. Kale dan sayuran hijau lainnya

Kale dan sayuran hijau juga menjadi asupan yang baik untuk kesehatan kulit. Sayuran hijau kaya akan vitamin A, yang berupa antioksidan, dan berfungsi meningkatkan kesehatan sel kulit. Mengoleskan kale yang ditumbuk atau dihaluskan dipercaya dapat membantu mengurangi memar, bekas luka, hingga stretch mark.

3. Paprika merah dan kuning

Sayuran yang bagus untuk kulit berikutnya adalah paprika merah dan hijau.Kedua jenis paprika ini kaya akan beta karoten, yang merupakan bentuk awal dari vitamin A. Senyawa karotenoid tersebut mampu mengurangi tampilan garis-garis halus yang biasa muncul pada area mata. Paprika merah dan kuning mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga membuat kulit sehat dan lembut.

 

4.Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat mudah dijumpai, Wortel menjadi pilihan banyak orang untuk diolah menjadi makanan sehat. Sayur jenis umbi-umbian ini diklaim sebagai makanan sehat yang sangat dibutuhkan tubuh. wortel adalah sumber beta karoten, serat, vitamin K1, potasium, dan antioksidan yang sangat baik.

Wortel adalah makanan yang ramah penurun berat badan dan telah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan peningkatan kesehatan mata. Terlebih lagi, antioksidan karoten pada wortel telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker.

Wortel ditemukan dalam banyak warna, termasuk kuning, putih, orange, merah, dan ungu. Wortel oranye mendapatkan warna cerah dari beta karoten, antioksidan yang diubah tubuh Anda menjadi vitamin A.

Efek berbahaya dari matahari dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulit. Namun, wortel dapat membantu dalam memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan dari efek berbahaya dari matahari. Beta-karoten membantu dalam memperbaiki kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan juga melindungi terhadap efek keras dari matahari.

Sayuran terbaik untuk kulit cantik selanjutnya adalah wortel. Wortel merupakan sumber utama beta karoten, turunan vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan. Vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang paling penting bagi kesehatan kulit. Wortel juga mengandung vitamin C yang penting untuk memperbaiki kondisi kulit.

5.Bayam

Sayuran hijau yang satu ini tak hanya tinggi kandungan zat besi, namun juga merupakan sayuran terbaik untuk kulit cantik.

Bayam mengandung berbagai antioksidan seperti vitamin A dan C yang dapat membantu mengurangi timbulnya keriput, memperkuat jaringan kulit, sekaligus melunturkan racun dari dalam. Konsumsi bayam secara teratur dan kulit kamu akan tampak lebih bersinar.

Salah satu manfaat bayam untuk kecantikan adalah mampu meremajakan kulit. Pasalnya, tanaman ini mengandung vitamin A yang baik bagi kulit. Vitamin tersebut berperan efektif membantu kulit kamu agar tampak lebih muda, sehat, dan terhidrasi.

Kaya akan kandungan antioksidan, vitamin C, dan asam folat, bayam juga memiliki khasiat yang efektif untuk membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Kedua kandungan ini dikombinasikan dengan vitamin A yang juga mampu meningkatkan kondisi warna kulit.

Bayam baik bila dikonsumsi secara langsung maupun diolah dalam bentuk perawatan kulit seperti masker. Bayam dapat memberi perlindungan dan menangkal radikal bebas dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko terjadinya tanda-tanda penuaan.

Manfaat bayam untuk kecantikan berikutnya dapat memperlambat munculnya kerutan di wajah. Pasalnya, bayam dikenal sebagai sayur yang kaya akan zat besi. Senyawa zinc tersebut mampu bekerja menangkal sekaligus menyerap sinar UV menjadi panas. Tidak hanya itu saja, zinc juga memiliki manfaat tambahan untuk meredakan peradangan.

6.Asparagus

Kulit yang memiliki pH seimbang cenderung bebas dari masalah kulit seperti jerawat, iritasi, alergi, dan flek hitam. Asparagus ini tinggi kandungan alkaline yang dapat menyeimbangkan pH kulit. pH yang seimbang juga menjadikan kulit lebih lembap.

Selain itu, asparagus juga mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin E, beta karoten, serta likopen.

Kandungan vitamin A di dalam asparagus mampu merawat kesehatan kulitmu. Vitamin A efektif untuk mengatasi kulit yang rusak dan mencegah penuaan dini pada kulit. Selain itu, kandungan glutathione juga dipercaya bisa mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari atau polusi.

7.Kangkung

Sayuran terbaik untuk kulit cantik selanjutnya adalah kangkung. Tidak jauh berbeda dengan bayam, kangkung memiliki dampak yang baik untuk kecantikan kulit. Kangkung memiliki kandungan vitamin A, zat besi, & beta karoten yang baik untuk kesehatan & perawatan kulit.

Menjaga kesehatan kulit bukan hanya dilakukan dari luar saja, tapi menjaganya dari dalam pun sangat penting untuk dilakukan. Mengkonsumsi kangkung dengan cara dijus, adalah salah satu cara terbaik untuk mengeluarkan racun berbahaya dari dalam tubuh, dan menyembuhkan jerawat.

Kandungan vitamin A, vitamin C, karotenoid, dan lutein yang terdapat dalam kangkung. Sangat berperan penting untuk kulit, sehingga membuat kulit lebih sehat dan bercahaya

kandungan vitamin dan mineral pada kangkung membuat sayur ini memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Mulai dari meningkatkan kesehatan mata, mencegah dehidrasi, hingga mengatasi gejala anemia.”

Bukan hanya murah, kangkung menjadi salah satu jenis sayuran yang sangat mudah untuk dibudidayakan. Baik konvensional atau hidroponik, kangkung dapat tumbuh subur, dan berpotensi untuk dikembangkan.

8.Ubi Jalar

Sayuran terbaik untuk kulit selanjutnya adalah ubi jalar. Ubi jalar atau ketela rambat bukan hanya sumber karbohidrat dan gula saja. Tanaman yang masih sekeluarga dengan kentang dan ketela pohon ini juga mengandung vitamin B3 (yang biasa ditemui dalam krim-krim wajah), karotenoid, dan vitamin E. Semuanya penting untuk menjadikan kulit lebih cantik dan sehat.

 

9.Mentimun

Manfaat timun untuk wajah ini didapat berkat adanya kandungan mangan dan kalium di dalamnya. Timun mengandung vitamin C, K, B, dan asam caffeic yang merupakan antioksidan. Bila diterapkan pada kulit, dapat membantu melawan kerutan, kerusakan akibat sinar matahari, dan masih banyak lagi.

Air buah mentimun berisi bahan astringent sehingga baik untuk di jadikan tonik wajah bagi kulit berminyak.Selain itu , mentimun juga berperan sebagai pemutih.

Sebagai tonik wajah, caranya : parut dan saring mentimun secukupnya.Oleskan cairan keseluruh wajah menggunakan kapas bersih.

Sebagai pemutih , caranya: campurlah parutan mentimun ( kira-kira separuh buah ) dengan dua sendok susu segar matang.Bubuhkan pada wajah dan leher, buat campuran yang segar setiap dua hari sekali bila anda mengenakannya setiap hari.

 

semoga bermanfaat yah buat semua nya terima kasih.