Cara Merawat Kulit Agar Terlihat lebih Cerah dan Cantik

ok teman-teman saya akan membahas tentang cara perawatan kulit agar lebih cerah, bersih dan cantik, langsung saja yah , semoga bermanfaat..

1.Merawat kulit.

Rias wajah memang dapat membuat kulit tampak lebih licin dan wajah menjadi cantik.Tetapi walau bagaimanapun kulit harus tetap sehat,agar memperoleh penampilan yang maksimal.Kulit yang sehat di peroleh hanya dengan perawatan rutin sehari – hari.Teruma jika wanita sudah mulai menginjak dewasa.

Ada tiga tahap perawatan wajah.

a.Krem pembersih.

Krem pembersih berupa emulsi yang berisi antara lain minyak mineral dan susu.Bubuhkan merata pada wajah,setelah itu lakukan massase ringan sebentar dengan arah ke atas dan luar wajah.Kemudian angkat dengan dengan kapas steril atau waslap yang masih di basahi dengan air hangat,juga dengan gerakan ke atas dan ke sisi luar wajah.

Selain menangkat sisa-sisa make-up dan debu-debu yang menempel,gerakan mengusap itu juga membantu memperlancar peredaran darah dan mengencangkan otot-otot halus pada kulit wajah.

Sabun juga sering digunakan sebagai pembersih kulit wajah.Hanya saja harus sabun yang memang di buat khusus untuk kulit wajah,dengan formula yang mendekati kelembaban kulit sealami mungkin.Sebaliknya sabun biasa bisa membuat kulit kering.Sabun biasa ini sering mengandung pewangi yang tidak penting untuk kulit wajah dan dapat menyebabkan reaksi sensitive bila terkena sinar matahari.

Cairan yang menyegarkan.

Cairan penyegar atau face tonic mengandung antara lain air bunga mawar,alcohol dan glyserin.Setelah pemakaian krem pembersih, menyusul cairan penyegar yang berguna untuk menyegarkan kulit dan juga mengangkat sisa-sisa krem pembersih.Cairan penyegar ini juga berfungsi menutup kembali lubang pori-pori yang menganga setelah wajah di bersihkan dengan krem pembersih.

Bubuhkan pada kapas steril dan tepuk-tepukan ringan pada wajah, daerah leher dan telinga.Setelah itu usap perlahan perlahan arah ke atas dsn ke sisi luar wajah.Lakukan dua tiga kali sampai kapas terlihat bersih betul.

Krem pelindung.

Gunakan krem pelindung matahari atau sun-screen jika akan bepergian di siang hari.Oleskan tipis-tipiss sebelum membubuhkan alas bedak.Tunggu sesaat dan keringkan sisanya menggunakan kertas tissue.Setelah cairan penyegar, dapat membubuhkan krem pelembab,terutama untuk sekeliling mata,sekitar mulut, juga leher.Tunggu sejenak sampai krem pelembab meresap ke dalam kulit, dan lap sisanya dengan kertas tissue.Setelah itu baru kenakan alas bedak.

Krem pelembab ini membantu mengembalikan kelembaban kulit,setelah kulit terkena udara atau angin kering,AC, atau bahan kosmetik rias wajah sendiri.Sangat di anjurkan bagi wanita usia menjelang senja,dimana kulit sudah sedikit sekali memproduksi lemak.

Perlu diingat:

Jika sedang berjerawat hebat,di perlukan konsultasi dengan dokter lebih dahulu sebelum menggunakan produk kosmetika tertentu.

Mencuci wajah dengan air sabun,bisa saja di lakukan sejauh itu memang tidak mengganggu kulit dan sudah menjadi kebiasaan.Tetapi tetap harus di jaga kelembaban kulit dengan membubuhkan krem pelembab.

Pada waktu membersihkan wajah lakukan gerakan mengusap seperti berikut ini :

1.Dari pangkal hidung ke dahi

2.Dari sudut bibir ke pelipis

3.Gerakan melingkar di sudut hidung, dan usap ke atas puncak hidung.

4.Dari dagu kea rah telinga

5.Dari pipi kea rah bawah mata

6.Dari sudut luar mata kea rah dalam kemudian menuju kelopak.

Catatan : Semua usapan satu arah

2.Merawat kulit berminyak

Menjaga kesegaran dan kebersihan kulit wajah adalah hal yang harus di perhatikan.Demikian pula agar kulit berminyak tetap kelihatan segar dan bercahayatanpa perlu menjadi kering.Hal ini membutuhkan penanganan yang cermat.

Mungkin memerlukan waktu untuk menemukan cara cepat dalam merawat kulit berminyak.Namun suatu hal yang menguntungkan, jenis kulit berminyak tidak lekas menjadi keriput dan tidak pula cepat kelihatan tua.

Penyebab kulit berminyak.

Kulit akan menjadi berminyak menjelang masa remaja, namun ada kalanya kulit wajah menjadi lebih berminyak mendekati masa dewasa.Kulit wajah yang cenderung berminyak biasanya disebabkan karena factor keturunan.Namun udara panas dan kehamilan kadang dapat menjadikan kulit menjadi berminyak selama jangka waktu tertentu.Faktor kejiwaan seperti stress misalnya terkadang mempunyai peran pada kulit wajah.

Apakah kulit wajah terus berminyak?Ataukah hanya untuk sementara waktu saja? Rawatlah dengan cermat agar wajah tampak segar dan bersih.

Perawatan rutin.

Kulit yang berminyak mempunyai kecenderungan berjerawat.Biasanya kulit jenis ini memiliki lapisan kulit yang lebih tebal di bandingkan dengan kulit kering.Karena itu perawatan wajah di tekankan pada kebersihan bahkan ada baiknya melakukan pengelupasan kulit bila dirasakan perlu.

Krem pembersih yang lembut.

Usahakan membersihkan wajah sesering mungkin dan gunakan krem yang lembut untuk menghindari kulit menjadi kering.Pilihlah krem khusus untuk kulit berminyak.Dapat juga menggunakan pembersih berupa busa sabun bila diinginkan.

Air hangat untuk pembilas.

Setelah menggunakan krem pembersih, gunakan air hangat untuk menghapus sisa-sisa kototran untuk mencegah timbulnya jerawat.

Usap wajah dengan kapas yang telah di baahi dengan cairan astringent sebagai langkah akhir dalam proses pembersihan.Cara ini membuat wajah menjadi lebih bersih dari sisa-sisa minyak.

Pemakaian astringent ini baik juga dilakukan setelah selesai berolah raga.Hapuslah sisa-sisa rias wajah dan keringat dengan astringent sebelum membubuhkan kembali bedak.

Pelembab kulit.

Kulit berminyak pun perlu memakai pelembab, hanya saja oleskan pada bagian-bagian tertentu dimana kulit tampak lebih kering.Misalnya pada bagian sekitar mata dan bawah mata, juga pada bagian antara tulang pipi dan telinga.

Pelembab yang baik untuk kulit berminyak adalah pe;embab berupa lotion yang ringanatau formula yang menyerupai jeli.Apabila penggunaan pelembab  ternyata menimbulkan iritasi pada kulit atau malah menimbulkan jerawat,hentikanlah segera pemakaian pelembab tersebut.

Pengelupasan kulit.

Untuk mencegah penyumbatan pori-pori dan timbulnya bintik-bintik kehitaman yang dapat menimbulkan jerawat, lakukanlah pengelupasan kulit dengan cara menggunakan krem penggosok sekali seminggu.Sekarang ini krem penggosok (Scrub Cream ) sudah banyak di jual di pasaran.

Masker khusus.

Khusus untuk daerah – T(kening,hidung,dan dagu) yang berminyak : Buah apel segar di parut,lalu bubuhkan langsung pada bagian tadi (kening,hidung,dan dagu).Biarkan 10 menit, angkat lalu bilas.

Buat pasta dari havermouth yang di campur dengan air jeruk nipis.

Sebelum pencampuran , hancurkan havermouth dan jeruk nipis ke dalam blender : dengan perbandingan dua sendok makan havermouth dan satu sendok makan air jeruk.Bubuhkan pada bagian wajah yang berminyak lalu lakukan massase dengan lembut.Biarkan tiga atau sampai lima menit , angkat , lalu bilas dengan air teh hangat.

3.Merusak kehalusan kulit.

Ada beberapa sebab.

Berat tubuh yang naik turun.

Berat tubuh yang naik dan turun secara drastic dapat merusak penampilan.Ini disebakan perubahan berat tubuh dari gemuk ke kurus menyebabkan lenyapnya lapisan lemak yang menyangga tubuh secara tiba-tiba,sehingga kulit menjadi kendur.Dengan mengurangi berat tubuh secara pelan-pelan, dan bertahap, kulit dapat menyesuaikan diri.

Suhu di dalam pesawat udara.

Tempat yang paling membuat kulit menjadi kering adalah di dalam pesawat terbang.Karena di dalam pesawat memakai AC yang suhunya tidak dapat di besar kecilkan oleh penumpang.

Stress.

Bila mengalami problem , kita menjadi tegang, kening berkerut dan tak dapat tidur.Stress menyebabkan kelenjar tubuh mengeluarkan hormone tertentu yang menghambat kelancaraan peredaran darah ke kulit.Bernapas yang dalam dan lama dapat membantu mengembalikan oksigen ke kulit.

Jam tubuh tidak teratur.

Ritme jam tubuh ( berhubungan dengan jadwal kehidupan sehari-hari ) yang tidak teratur mempengaruhi kecantikan kulit.Sebab ketidak teraturan mempengaruhi keseimbangan hormone.Semua ini menyebabkan noda-noda pada kulit,pengurangan kelembaban dan minyak yang di perlukan oleh kulit.

Gerak –gerik wajah.

Sebaiknya menyadari bagaimana wajah ketika mengekspresikan diri.Gerak-gerik yang menjadi kebiasaan, misalnya mengerutkan kening ketika berbicara, bahkan senyumpun meninggalkan garis-garis wajah.

Keringat.

Benar, bahwa latihan tubuh membantu membuat tubuh sehat dan segar bugar.Tetapi keringat dapat meninggalkan lapisan garam pada kulit yang merampas pelembab vital dari kulit. Saat berkeringat, Anda akan melepaskan banyak mineral dan garam alami dari tubuh, sehingga dapat bertindak sebagai pengganti eksfoliator alami. Keringat juga akan membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan juga menghilangkan semua kotoran dari kulit. Ini akan melawan masalah kulit kering dan alergi.

Air yang mengandung chlor atau garam.Kelembaban kulit,termasuk kulit kepala, akan hilang karena air chlor dan air garam juga minyak alami rambut akan luntur oleh air chlor dan air garam.

Sebelum berenang di laut, oleskan krem pelembab pada tubuh , berenang di kolam renang yang mengandung chlor.Segera sesudah itu, keramas lagi dengan air bersih.

Pakaian dalam terbuat dari nilon.

Pakaian dalam dari bahan nilon menahan penguapan hingga kulit jadi lembab dan bakteri atau jamur mudah tumbuh dan berkembang.Akibatnya kulit jadi luka atau tumbuh biang keringat.

Pakaian dalam terbuat dari bahan katun adalah pilihan yang terbaik.

Tangan.

Apakah membubuhkan make-up atau krem pembersih dengan kasar menggunakan tangan?

Latihlah tangan agar,memperlakukan kulit wajah dengan lembutdan dengan gerakan selalu kea rah atas, ke sisi luar wajah, atau dengan gerakan memutar seperti arah jarum.Menarik kulit atau menggosok dengan keras sangat merugikan kulit.Begitu pula jerawat akan semakin buruk keadaannya bila di pegang-pegang dengan tangan.

Polusi dan matahari

Polusi meninggalkan zat-zat kimiawi pada kulit yang merampas kelembaban alami kulit.Matahari pun mengakibatkan hal yang sama.Dampak sinar matahari terhadap kesehatan, kulit Sinar matahari mengandung radiasi sinar ultraviolet (UV), yang berpotensi menimbulkan efek buruk pada kulit. Terdapat tiga jenis sinar ultraviolet, yaitu UVA, UVB, dan UVC. Sinar UVA umumnya dapat menembus lapisan dalam kulit.

Paparan sinar UVA berpotensi menimbulkan tanda-tanda penuaan (photoaging) pada kulit, misalnya saja timbul keriput dan pigmentasi kulit. Paparan UVA, jika ditambah dengan polusi udara akan membuat tanda-tanda penuaan tersebut lebih tampak jelas.

Paparan UVB umumnya menembus sel-sel di permukaan kulit, tepatnya pada epidermis. Gejala terbakar sinar matahari (sunburn), diakibatkan paparan UVB.

Namun, baik UVB maupun UVA juga berisiko menyebabkan munculnya berbagai jenis kanker kulit, misalnya saja malignant melanoma, basal cell carcinoma (BCC)atau squamous cell carcinoma (SCC).

Sementara, UVC umumnya diserap lapisan ozon dan oksigen pada atmosfer bumi. Sehingga, manusia jarang terpapar dengan UVC.Polusi udara dan kesehatan kulit.Menurut WHO, polusi udara adalah kontaminasi lingkungan (baik dalam maupun luar ruangan) dengan zat kimia, fisik, maupun biologis yang dapat mengubah ciri-ciri dasar dari atmosfer. Berbagai zat digolongkan sebagai polutan, yang dapat menimbulkan polusi udara.

Salah satunya adalah PAH (polycyclic aromatic hydrocarbon) yang berasal dari pembakaran kayu dan asap kendaraan (terutama dengan mesin diesel). PAH dikaitkan dengan penampakan penuaan pada kulit dan pigmentasi kulit. Selain itu, PAH juga dihubungkan dengan kemunculan kanker kulit, terutama apabila terdapat juga paparan dengan UVA.

Polutan lainnya, ozon (O3) dihubungkan dengan berbagai masalah pada kulit, seperti urtikaria atau biduran, eksem, dermatitis kontak, dan berbagai ruam. Paparan dengan ozon ini juga dapat memperburuk jerawat pada kulit, karena menghasilkan zat yang apabila teroksidasi rentan menyumbat pori-pori kulit.

Ozon juga dapat menimbulkan keriput dan berbagai gejala penuaan kulit lainnya. Di sisi lain, kadar  ozon yang tinggi dapat membantu mengurangi radiasi UVB hingga 50 persen.

Polusi yang didapatkan dari jalan raya umumnya mengandung nitrogen oksida (NOx) dan karbon monoksida (CO). Bahan tersebut dikaitkan dengan kondisi dermatitis atopik dan eksim  pada kulit. Polutan lainnya, partikel polusi, dikaitkan dengan kemunculan keriput dan flek (age spot) pada wajah.

Tidak hanya di luar ruangan, sumber polusi pun dapat muncul di dalam ruangan, misalnya saja zat VOC (volatile organic compounds) yang ditemukan pada pelarut cat, pelitur dan asap rokok. Bahan ini dikaitkan dengan gejala eksim serta dermatitis atopik.

Sebaiknya, usahakanlah untuk melindungi kulit dari paparan keduanya. Misalnya dengan penggunaan tabir surya, menghindari area tinggi polusi (jalan raya, sekitar pabrik, area bebas rokok), penggunaan antioksidan dalam produk perawatan kulit (misalnya vitamin C dan E), atau penggunaan air purifier di dalam ruangan.

Jadi jelaslah bahwa antara paparan sinar matahari dan polusi udara, keduanya sama-sama menimbulkan dampak pada kesehatan kulit. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari keduanya. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

 

 

Penerbit CV BINA MULIA dari buku pintar perempuan

Penulis NY.ERNAWATI DAN EDI S