Jenis – Jenis Shampoo dan Manfaatnya Agar Anda Tidak Salah Pilih

Saat ini berbagai jenis shampoo banyak tersedia di pasaran, tentu saja ini memudahkan anda untuk memilih mana yang cocok untuk rambut anda. Tapi awas hati – hati, salah memilih shampoo dapat mengakibatkan hal – hal yang buruk untuk rambut dan kulit kepala anda, selain mengakibatkan gatal – gatal, ketombe dan kerontokan tentu saja akibat dari anda salah dalam memilih jenis shampoo dapat membuat rambut anda menjadi rusak parah dan mempengaruhi penampilan rambut anda.

Dengan mengetahui jenis shampoo dan fungsinya memudahkan kita untuk memilih mana shampoo yang cocok untuk rambut kita agar rambut senantiasa bersih, sehat dan tentu saja hasilnya akhirnya rambut anda semakin indah terlihat.

Inilah jenis – jenis shampoo dan fungsi yang sebaiknya anda tahu, diantaranya adalah :

  1. Egg-shampoo

 

Egg-Shampo adalah shampoo berbahan alami yang terbuat dari telur. Karena telur penuh dengan protein, vitamin, dan pengemulsi yang larut dalam minyak, telur menjadikannya pilihan mencuci rambut yang efektif dan sehat yang membersihkan dan menutrisi rambut tanpa bahan kimia.

Pada era modern ini sangat jarang dipakai butir telur untuk mencuci rambut karena bnyak tersedia shampoo yang lebih praktis yaitu shampoo dengan proses kimia yang dicampur dengan protein (zat putih telur).

Fungsi dari egg-shampoo adalah untuk rambut yang bersifat kering, rontok dan rambut sesudah proses pengecatan.

 

  1. Cream-shampoo

 

Cream-shampoo direkomendasikan untuk mereka yang memiliki rambut kering alami dan rapuh  Diformulasikan untuk menutrisi, mengkondisikan, dan menguatkan, sambil dengan lembut menghilangkan kotoran dan polutan dari rambut

Bisa juga digunakan untuk rambut yang bersifat normal condong ke kering. Cream-shampoo terdiri dari bahan – bahan yang mengandung minyak sehingga rambut sesudah dicuci akan terasa lunak dan mengkilap.

 

  1. Lemon-shampoo

 

Shampoo untuk rambut yang sifatnya berminyak haruslah shampoo yang banyak mengandung detergen, agar dapat dengan mudah melarutkan minyak dari kulit kepala dan rambut. Dapat diketahui bila buah lemon bermanfaat untuk melarutkan minyak, oleh sebab itu lemon-shampoo dipergunakan untuk rambut berminyak. Untuk rambut berminyak tidak dapat dipergunakan balsam dan protein (zat putih telur) karena bahan tersebut akan tertinggal pada lapisan luar batang rambut (cuticula), sehingga mengakibatkan rambut tetap berminyak. Jadisemua jenis conditioner yang mengandung bahan seperti ; minyak, wax atau glyserin tidak dapat digunakan bagi rambut yang bersifat berminyak.

Conditioner yang satu – satunya yang dapat menetralkan keadaan rambut berminyak tersebut ialah, memakai :

 

  1. Asam jeruk nipis : caranya ambillah sari dari satu jeruk nipis kemudian campurkanlah dengan satu gelas air hangat. Gosokkanlah air jeruk itu dengan memakai kapas pada kulit kepala secara rata dan sisanya dapat diguyurkan pada rambut. Diamkan lebih kurang lima menit, kemudian dibilas dengan air dingin.

 

  1. Conditioner asam citrun (citric acid rinse) : Tujuan dan cara kerjanya sama dengan conditioner asam jeruk nipis. Bahannya terdiri dari kandungan Kristal – kristal citric acid yang dilarutkan dengan air hangat.

 

Efek kerjanya : karena kedua conditioner tersebut di atas bersifat mengecilkan pori-pori kulit kepala maka minyak yang berlebihan keluar akan diperkecil, dan hal lain yaitu lapisan cuticula dari rambut akan terasa lebih kencang sehingga ketika rambut telah kering akan lebih mudah dibentuknya. Perlu diketahui bahwa shampoo yang mengandung sabun dengan mem punyai kadar lemak yang berlebihan (shampoo superadipatus) adalah shampoo yang bebas dari alkali dan paling baik dipakai bagi mereka yang berkulit peka; maka sabun yang digunakan untuk shampoo ini biasanya mempergunakan obat – obatan, misalnya: ichthyol, sulfur (belerang), asam salisilat dan lain-lain.

 

 

  1. Medicated shampoo

 

Adalah shampoo yang ditujukan untuk mengobati penyakit dan masalah tertentu yang memengaruhi rambut atau kulit kepala. Beberapa Medicated shampoo menargetkan masalah yang berkaitan dengan rambut dan kulit kepala. Jenis yang paling umum adalah shampoo untuk mengobati ketombe, seborrhea, dan kutu.

 

  1. Antiseptic shampoo

 

Shampoo yang lebih keras kerjanya dalam penyembuhan penyakit yang terdapat pada kulit kepala yaitu Antiseptic shampoo. Biasanya diberikan atas saran seorang dokter. Pemakaian kedua shampoo di atas tidak boleh dilakukan sesering mungkin, karena tidak baik pengaruhnya pada kulit kepala. Sebab pada di dalam kandungan shampoo tersebut memiliki kadar obat yang sangat tinggi.

 

  1. Powder Dry Shampoo

 

Powder Dry Shampoo adalah jenis shampoo untuk mengurangi rambut berminyak tanpa membutuhkan air. Powder dry shampoo berbentuk bubuk kering.

Cara mengerjakannya :

 

  1. taburkanlah bubuk shampoo kering ini dengan rata ke seluruh rambut.
  2. Selanjutnya sikatlah rambut tersebut berkali – kali sampai hilang semua bubuk shampoo tersebut.
  3. jika pada sikat terlihat debu dan kotoran melekat, dapat diusapkan/dihilangkan pada sehelai tanduk yang bersih.
  4. untuk memberi rasa segar pada kulit kepala, jikadiperlukan kita dapat menambah hair tonic atau hair-lotion.

 

  1. Liquid Dry Shampoo

 

Liquid Dry Shampoo adalah jenis produk shampoo rambut yang diklaim dapat mengurangi minyak, lemak, dan kotoran pada rambut. Tidak seperti shampoo dan kondisioner basah, shampoo kering dapat dioleskan ke rambut Anda saat rambut anda dalam keadaan kering. Bahan shampoo ini berupa cairan dan yang bersifat mudah terbakar bila dekat dengan api.

 

Cara pengerjaan Liquid Dry Shampoo ini, yaitu :

 

  1. tuangkanlah shampoo pada sebuah mangkuk porselen (bukan dari logam).
  2. usaplah cairan tersebut dengan kapas aan kenakan pada rambut dengan rata.
  3. tekan-tekanlah rambut dengan handuk perlahan-lahan kemudian keringkan lah secepatnya dengan kipas. Jangan sekali pernah –kali menggunkan alat pengering rambut (hand-dryer) karena sangat berbahaya Liquid Dry Shampoo mengandung bahan yang dapat dengan mudah terbakar, sebab bahan pembuat shampoo ini mengandung bensin atau karbonat.

 

  1. Shampoo Berwarna (Color Shampoo)

 

Adalah shampoo yang digunkan untuk meningkatkan atau mempertahankan rambut yang diwarnai. Beberapa dari produk ini diformulasikan secara khusus untuk membatasi pengupasan warna, sementara yang lain benar-benar menyimpan sedikit pewarna di rambut.

Dalam pemakaiannya dapat digunakan dengan dua cara, yaitu :

 

  1. dapat langsung dipakai pada rambut dalam keadaan kering (tanpa dicuci terlebih dahulu),
  2. dikenakan pada rambut yang baru selesai dicuci (rambut dalam keadaan lembab / towel-dry).

Kedua cara tersebut ditujukan agar dapat menambah warna pada rambut tersebut. Shampoo ini mengandung “oil-base” yang dicampur dengan pewarna rambut, yaitu suatu zat yang bersifat sementara. Jika akan dipakai maka larutan tersebut ditambah 20 bagian hydrogen peroksida (H₂O₂) menurut ukuran tertentu yang sesuai dengan petunjuk petunjuk dari Produsen. Setelah selesai pengecatan dan didiamkan selama lebih kurang 25 menit, rambut kemudian dapat dicuci dengan air hangat tanpa memakai shampoo lainnya. Pada saat ini color shampoo banyak dijual dan dapat langsung dipakai tanpa menambah obat-obatan lainnya. Tetapi si pemakai tetap harus menjalankan patch-test terlebih dahulu.

Untuk menjadi perhatian Color-shampoo janganlah ditaruh pada tempat yang mengandung logam.

 

Semoga dengan informasi yang telah anda baca ini, anda dapat mengetahui jenis – jenis shampoo dan manfaatnya, sehingga diharapkan anda dapat memilih produk shampoo mana yang cocok untuk rambut anda.

Ketahuilah jenis dan sifat rambut anda terlebih dahulu lalu cocokanlah dengan jenis shampoonya, Beberapa shampoo menggunakan bahan kimia berat maka dari itu kehati – hatian dalam memilih produk shampoo menjadi suatu keharusan agar terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan.

Apabila anda masih kesulitan untuk mengidentifikasi dan bingung memilih produk shampoo mana yang cocok untuk rambut anda, jangan sungkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada prosfesional di salon langganan anda atau bisa juga berkonsultasi ke dokter spesialis apabila dirasa perlu.

Selain penggunaan shampoo, faktor makanan, nutrisi dan gaya hidup mempengaruhi kesehatan rambut anda maka dari itu selalu jaga pola hidup sehat, makan – makanan bergizi dan rutin berolahraga.

Rambut yang sehat dapat menjadi pendukung hidup anda agar senantiasa percaya diri dalam berbagai aktifitas dimanapun anda berada.

 

 

 

 

 

 

Penulis : M. Alamsyah

Sumber : Teori Tata Kecantikan Rambut dasar, Diknas Th. 2011