makanan Sehat untuk Ibu hamil

Wajib Diketahui !! Makanan yang harus di makan pasca melahirkan oleh seorang ibu

Pada proses persalinan seorang wanita pasti banyak mengeluarkan tenaga, jadi sangat tak heran jika pasca melahirkan seorang ibu sangat membutuhkan makanan yang bergizi sangat tinggi dan tentunya sarat vitamin yang bertujuan untuk menggantikan kalori yang sudah banyak terbakar pada proses persalinan tadi.

Belum lagi tugas seorang ibu pada bulan bulan pertamanya setelah melahirkan mengaharuskan anda unutuk siaga sepanjang waktu. Untuk mendukung semua itu para ibu harus tau tips untuk menjaga kondisi dan stamina tubuh dan tentunya sangat penting untuk memilih makanan yang tepat pasca melahirkan.

Apa pentingnya asupan makan yang tepat untuk ibu setelah melahirkan?

Setelah melahirkan pada umumnya bobot tubuh para ibu akan lebih besar dari sebelum masa kehamilan. Biasanya disinilah para ibu akan membulatkan tekad berjuan sekuat tenaga untuk mengembalikan bentuk tubuhnya menjadi seperti yang di inginkan, walaupun tidak semuanya seperti itu.

Tapi ada baiknya urungkan dulu niat itu , karena pada masa nifas atau pasca melahirkan tubuh anda sangat membutuhkan banyak asupan nutrisi dan zat gizi dari minuman dan makanan. Jadi asupan makanan dan minuman yang bergizi dan bernutrisi tinggi ini tidak hanya di perhatikan pada saat masa kehamilan saja, ternyata setelah melahirkan asupan gizi juga harus sangat di perhatikan.

Kenapa harus seperti itu? Ini di karenakan setelah melahirkan baik itu secara normal ataupun operasi Caesar sama sama memerlukan perhatian, karena asupan gizi yang baik itu akan membantu mempercepat proses pemulihan dan kondisi tubuh si ibu tersebut, dan bukan hanya itu saja, asupan gizi yang baik juga sangat di perlukan agar produksi ASI berjalan dengan sangat optimal. Penting untuk di pahami juga karena kualitas ASI ditentukan dengan makanan apa yang kita konsumsi.

Sebaiknya setelah melahirkan seorang ibu jangan dulu makan sembarangan kerana di masa ini seorang ibu harus benar benar tercukupi asupan gizinya, bagaimana sih cara memilih makanan yang tepat unuk ibu setelah melahirkan?yuk kita bahas apa saja makanan yang sangat dibutuhkan.

  1. Makanan yang berkarbohidrat kompleks.

Semakin kompleks karbohidrat yang terdapat pada suatu makanan, semakin baik juga makanan itu untuk di konsumsi oleh para ibu setelah melahirkan. Karbohidrat kompleks membutuhkan sedikit waktu yang agak lama untuk di cerna di bandingkan karbohidrat biasa, itulah sebabnya sumber makanan dengan karbohidrat kompleks bagus untuk ibu setelah melahirkan karena dapat membuat kadar gula tetap konsisten dan stabil, hal ini akan membuat seorang ibu mempunyai energi yang lebih lama sehingga membuatnya kenyang lebih lama. Contoh makanan berkabohidrat kompleks seperti Roti Gandum dan sereal.

 

  1. Makanan yang mempunyai protein tinggi.

Sumber protein yang tinggi juga sangat di perlukan seorang ibu pasca melahirkan, ini dikarenakan protein di perlukan untuk menggantikan jaringan jaringan yang mungkin rusak stelah proses persalinan. Dan di sisi lain juga zat gizi ini juga ada banyak terkandung dalam ASI yang berfungsi untuk menunjang pertumbuhan bayi. Makanan yang kaya akan protein ini akan memberikan ibu tambahan energi dan akan bertahan selama 3 hingga 5 jam kedepan,

Beberapa contoh makanan berprotein tinggi yang bagus untuk untuk di makan oleh seorang ibu pasca melahirkan di antaranya adalah telur, susu hingga yoghurt. Pilihan makanan lain yang  juga bisa menjadi alternatif untuk di konsumsi yaitu kacang polong kering, daging tanpa lemak. mengombinasikan nutrisi – nutrisi tersebut di waktu sarapan pagi adalah waktu yang sangat tepat untuk di makan agar bisa menjaga stamina dan kondisi tubuh seharian.

 

  1. Makan dengan porsi sedikit tapi sering.

Jika anda terbiasa makan sehari 3 kali dengan porsi besar  sebelum melahirkan, alangkah baiknya untuk sementara waktu rubah kebiasaan ini dari yang bisanya makan dengan porsi besar rubah menjadi porsi kecil tapi sering, dengan kata lain anda bisa membagi porsi makan yang besar 3 kali tadi menjadi 5 kali porsi kecil. Kenapa demikian karena dengan sering nya anda makan tersebut akan membuat tubuh terus menerus mendapatkan suplai energi dari makanan sehingga tak akan merasa kelaparan di tengah hari karena jeda waktu yang terlalu lama.

 

  1. Minum banyak cairan.

Setelah melahirkan, seorang ibu perlu menjaga hidrasi dengan minum air yang cukup. Pasalnya dehidrasi akan mambuat seorang ibu merasa kelelahan dan mengantuk sepanjang hari. Oleh karena itu minum banyak cairan menjadi cara yang termudah untuk mempertahankan energi sang ibu. Jadi sediakanlah air putih yang cukup di dekat anda bila sewaktu waktu anda haus tidak menjadikan alasan malas mengambil minum karena letaknya yang jauh, karena selama masa menyusui bayi seorang ibu tidak boleh kekurangan cairan.

 

  1. Makanan yang mengandung asam lemak omega 3

Asupan makanan yang berikutnya adalah makanan yang mengandung asam lemak omega 3, karena dengan bayak mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 ini dapat menghasilkan ASI dengan kualitas yang sangat baik. Asam lemak omega 3 yang terkandung pada ikan yang berminyak seperti sarden dapat mambantu meningkatkan kinerja otak. Tak hanya itu saja kandungan asam lemak omega 3 juga dapat dapat meningkatkan perkembangan sensorik, kognitif dan motorik bayi, itulah sebabnya makanan yang ada kandungan asam lemak omega 3 ini sangat baik di konsumsi oleh ibu pasca melahirkan dan menyusui.

Asam lemak omega 3 ini banyak terdapat pada ikan salmon, tuna dan biji – bijian

 

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau perlu di konsumsi oleh ibu pasca melahirkan, karena selain untuk ibu sayuran hijau ini di butuhkan untuk mencegah bayi terhindar dari anemia defisiensi besi (ADB).

Sayuran berdaun hijau contohnya sperti brokoli, buncis, kangkung, dan sayuran hijau lainnya, kenapa harus sayuran hijau, karena dalam sayuran hijau ini banyak mengandung vitamin c, vitamin A, antioksidan dan zat besi.

  1. Buah – buahan.

Vitamin C dapat meningkatkan daya tahan ibu setelah melahirkan, dan kelelah akibat mengurus si buah hati juga akan membuat daya tahan tubuh sedikit menurun. Itulah sebabnya mengapa anda sangat membutuhkan asupan makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh ibu menjadi segar bugar kembali, yaitu salah satunya sengan memakan buah buahan yang kaya akan vitamin C.

Contoh buah yang kaya akan kandungan vitamin C yang sering kita jumpai adalah jeruk, anggur, nanas dan jambu biji.

Dari penjelasan di atas kita bisa menyimpulkan bahwa menjaga kondisi tubuh seorang ibu pasca melahirkan itu sangatlah tidak mudah,di mana kita harus mengurus bayi kita yang baru lahir agar tetap sehat tapi di sisi lain juga kita harus memperhatikan kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Semangat untuk para ibu yang baru melahirkan…