nifas

Masa Nifas Pada Ibu Pasca Melahirkan Dan Gejala Yang Akan Dialami.

Untuk para wanita melahirkan adalah sebuah proses yang sangat dinantikan selama mengandung 9 bulan, dimana kebahagian keluarga akan sangat lengkap dengan hadirna sang buah hati. Tapi taukah setelah melahirkan biasa nya para ibu akan mengalami masa pemulihan atau yang biasa di sebut masa Nifas. Biasanya pada masa nifas ini bentuk tubuh atau organ para ibu akan kembali seperti semula,misalnya seperti mulut rahim yang awalnya besar pada saat mengandung dan melahirkan akan kembali menyusut seperti semula saat seperti sebelum mengandung.Selain organ-organ tubuh tadi yang akan kembali seperti semula ada juga pemulihan hormon, jadi hormon anda akan stabil lagi seperti anda sebelum hamil.

Masa Nifas ini sebenarnya ada jeda waktu biasa nya 40 hari, namun biasanya jika di lihat dari teori kebidanan masa nifas ini sekitar 6 minggu atau maksimalnya 8 minggu. biasa nya ada beberapa gejala yang akan muncul pada masa nifas ini.

  1. Muncul Flek Darah

Pendarahan ini akan muncul dikarenekan bentuk rahim yang awalnya membesar saat mengandung  akan mengkerut lagi,misalnya yang awal berat 1kg akan mengkerut 50 -100 gram saja, nah penyebab mengkerut nya ini akan menyebabkan pendarahan atau Flek Nifas , pada masa 1 – 3 hari pendarahan ini akan seperti mengumpal atau warna nya pekat dan jika setelah darah kotor itu keluar biasa nya warna nya akan berangsur kekuning kuningan atau seperti keputihan. Dan yang terpenting bila muncul flex darah anda harus sering menjaga kebersihan area miss v agar tidak menimbulkan penyakit lain pada miss V anda.

  1. Muncul Kram perut

Berikut nya gejala yang lumrah terjadi  adalah perut terasa kram, tapi Jangan panik bila setelah melahirkan perut anda akan merasakan kram sewaktu waktu, Hal ini sebenarnya wajar terjadi disaat masa nifas, ini dikarenakan rahim anda masih berkontraksi yang bertujuan mencegah nya munculnya pendarahan

  1. Nyeri Pada Payudara

Munculnya nyeri pada payudara ini biasanya di sebabkan karena setelah beberapa saat atau beberapa hari setelah melahirkan produksi ASI anda keluar, setelah berhari hari keluar otomatis hormon anda mengalami perubahan sehingga payudara anda menghasilkan air susu, tp mungkin jika anda jarang menyusuinya seperti volume air susu anda sangat banyak  atau kemampuan si bayi tersebut tidak menyusui dengan baik ini bias menyebabkan payudara anda akan bengkak atau nyeri. Hal ini bisa anda tangani dengan cara PUMPING atau pompa asi kemudian air susu tersebut bisa anda simpan di dalam kulkas agar suhu nya bias terjaga, selain itu juga anda biasa melakukan kompres baik itu mengompres dengan air hangat ataupun air dingin,lakukanlah kegiatan tersebut sampai kondisi payudara anda membaik seperti semula

 

  1. Miss V Terasa Nyeri / Tidak Nyaman

Tanda berikutnya yang biasa muncul pada masa nifas setelah persalinan adalah miss V terasa tidak nyaman atau mungkin ada di beberapa kasus merasakan nyeri pada area Miss V nya. Setelah melahirkan miss V anda tentunya akan  mengalami gangguan seperti luka, lecet, bengkak atau bahkan lebih parahnya terjadi robekan pada miss V yang dikarenakan anda lahiran secara normal, hal – hal tersebut lah yang bisa menyebabkan miss V anda menjadi bengkak sehingga wajar bila dalam kurun waktu 6 sampai 10 minggu miss V anda akan terasa tidak nyaman Bahkan terasa sakit. Yang terpenting adalah jika terjadi luka sebaikya anda melakukan perawatan rutin pada area tersebut agar semua luka bias kembali normal. Bila anda tidak bisa melakukan hal ini sendiri pergilah ke dokter kandungan atau bidan ahli terdekat di tempat tinggal anda.

 

  1. Sulit kencing / Sebaliknya

Tanda berikutnya yang menyertai  pada  masa  nifas  adalah gangguan  buang air kecil, biasanya  dengan anda susah kencing atau pun sebaliknya  nya jika anda batuk atau bersin sedikit pun akan keluar air kencing, ini wajar biasanya terjadi jka anda lahiran secara normal karena pada banyak kasus persalinan area miss V atau saluran kencing akan terjadi bengkak sehingga hal ini lah yang biasanya mengganggu kemampuan anda berkemih. Atau pada kasus lain saat anda setelah melahirkan bayi yang berukuran besar atau persalinan anda sulit agak macet itu akan mengakibatkan cedera pada saraf kandung kemih yang mengahurus kan kita memasang selang agar bisa buang air besar, sebenarnya hal ini sangatlah normal terjadi karena nanti setelah bengkak itu normal kembali anada akan kembali kencing seperti biasa, ada hal yang bias dilakukan agar semua itu bisa cepat tertatasi salah satunya dengan melakukan senam kegel, karena senam kegel ini bisa membantu menguatkan otot otot dan saraf saraf kencing anda yang nantinya kencing anda bisa kembali normal dan bukan itu juga banyak ibu seusai persalinan melakukan senam ini di rumah karena bisa membantu memulihkan kondisi badan setelah melahirkan.

  1. Keputihan

Berikutnya gejala yang sering terjadi adalah timbulnya keputihan, jangan kaget jika setelah melahirkan anda akan sering mengalami keputihan bahkan seperti tidak wajar, keputihan ini sebenarnya pertanda bagus karena keputihan di sini bisa membantu membersihkan kuman dan bakteri yang ada di  miss v, mulut rahim dan mungkin juga membersihkan jaringan jaringan sisa yang masih tertinggan pasca melahirkan. Keputuhan ini biasanya keputihan normal bukan keputihan yang berbau seperti biasa nya dan cenderung mungkin warna nya lebih ke bening dan tidak ada keluhan gatal seperti biasa.

  1. Perubahan Emosi / Psikis

Tentunya ada hal yang penting lagi yang harus anda perhatikan setelah melahirkan sehabis masa nifas itu sering terjadi perubahan emosional atau psikologis, biasa anda sering dengar dengan yang namanya BABY BLUES atau depresi setelah melahirkan, ini sebenarnya bila di jelaskan memang sangat masuk akal walaupun tidak semua ibu merasakan perubahan emosi tapi di beberapa kasus ada yang mengalami, ini di karenakan setelah melahirkan terjadi perubahan hormonal yang sangat drastis yang mengakibatkan perubahan emosional pada si ibu. Biasanya si ibu menjadi mudah lelah ,sedih ,lemas, marah dan menangis tanpa alasan yang jelas dan sangat sulit berkonsentrasi. Baby Blues ini dapat timbul  di minggu pertama sampai dua minggu pasca melahirkan, keluhan memang tidak di rasakan terus menerus melainkan dapat dating kapan saja, walaupun begitu keluhan ini harus ditangani dengan baik agar tidak menjadi depresi pasca melahirkan atau dengan bahasa medis nya postpartum depression.

Pada dasarnya pada masa nifas para ibu akan banyak mangalami hal hal yang tidak biasanya di rasakan seperti pada saat sebelum melahirkan, Dan gejala gejala di atas hanyalah beberapa gejala yang di rasakan pada umumnya dan masih banyak lagi yang di alamai oleh para ibu pada masa tersebut. Disini penting nya asupan yang bergizi untuk mebantu percepatan proses  pemulihan tubuh.