cara memunculkan keyboard di layar laptop
Laptop

3 Cara Memunculkan Keyboard di Layar Laptop

MdnTekno – Ada 5 cara memunculkan keyboard di layar laptop atau keyboard virtual. Adapun keyboard virtual merupakan komponen perangkat lunak yang menjadi salah satu bagian penting bagi perangkat layar sentuh masa kini seperti smartphone maupun laptop hybrid. Laptop hybrid membutuhkan keyboard virtual jika digunakan dalam mode tablet.

On-screen keyboard atau keyboard virtual secara umum bisa digunakan pada perangkat yang tidak layar sentuh.  Oleh karenanya fitur ini bisa anda manfaatkan dikala sedang mengalami kendala pada keyboard fisik laptop. Berikut cara memunculkan keyboard di layar laptop (on-screen keyboard) pada windows 10.

Contents

Loading...

Melalui Control Panel

Metode yang satu ini bisa diaktifkan lewat menu ease of access center yang terdapat pada menu control panel. Agar lebih paham, berikut cara mengaktifkannya.

a. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu menekan tombol “windows + u” secara bersamaan. Hal tersebut guna membuka tampilan Ease of Access Center.

b. Kemudian klik opsi start on-screen keyboard di kotak akses tools cepat yang sudah tersedia. Tunggulah selama beberapa saat sampai on-screen keyboardnya muncul di layar laptop anda.

c. Jika sudah muncul maka keyboard virtual sudah bisa anda gunakan.

Melalui Pengaturan

Fitur ini bisa diaktifkan melalui menu pengaturan (setting). Lalu ikuti langkah berikut ini.

a. Gulirkan pointer ke bagian kiri bawah layar. Sesudah itu klik ikon windows untuk membuka “start menu”.

b. Selanjutnya geser pointer ke bagian atas. Kemudian kilik “setting > ease of access > keyboard”.

c. Aktifkan selanjutnya opsi “on-screen keyboard” yang terdapat pada sebelah kanan untuk dapat menggunakan keyboard di layar.

Melalui Panel Pencarian

Sistem windows 10 mempunyai sebuah panel pencarian khusus yang terletak pada taskbar sebelah kiri. Nah untuk cara cara memunculkan keyboard di layar laptop (on-screen keyboard) pada windows 10, lakukan langkah berikut ini.

a. Klik ikon pencarian pada laptop anda lalu tuliskan kata “on”, “screen”, maupun “keyboard”. Atau anda juga bisa mengetik langsung kata “on-screen keyboard” dalam pencarian. Nantinya akan muncul tampilan hasil pencarian secara otomatis.

b. Jika hasil yang anda cari telah muncul maka kliklah. Anda bisa mengaktifkan on-screen keyboard secara otomatis untuk kebutuhan pengetikan pada saat itu juga.

Selain itu anda juga dapat menggunakan perintah suara untuk mengaktifkan on-screen keyboard. Selamat mencoba.

Leave a Reply