Smartphone

4 Tanda HP Anda Dikloning Penjahat Digital

MdnTekno – Baru-baru ini ada kejadian pembobolan rekening bank dari ponsel yang dikloning pelaku kejahatan. Anda wajib mengetahui Tanda HP Anda telah dikloning penjahat digital.

Kloning HP menjadi salah satu cara pelaku kejahatan digital menyerang korbannya. Risikonya data-data pribadi bisa dicuri, yang gawat juga semua akses mobile banking, dompet digital, data kartu kredit dan e-commerce bisa digasak penjahat.

Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui tanda-tanda HP dikloning orang jahat. Dengan begitu, Anda bisa segera melakukan pencegahan. Ingat ya, lapor dulu ke pihak bank untuk mengunci rekening, sebelum melapor ke operator seluler.

Loading...

Jangan terbalik ya. Kalau melapor ke operator seluler dulu dan SIM card ditutup, itu artinya penjahat jadi punya kontrol sepenuhnya, karena HP Anda terlanjur dikloning.

Berikut Tanda HP Anda Dikloning Penjahat Digital

1. Ada pesan tidak terduga yang meminta anda restart device
Ini adalah tanda pertama bahwa ponsel atau SIM akan dibajak orang tak bertanggung jawab. Dengan restart, perangkat memberikan celah bagi penjahat untuk memulai proses cloning.

2. Pesan atau ponsel yang tidak dikenali
Dan semua biaya ditanggungkan pada anda. Tanda lain yang semakin jelas yakni ada jejak telepon dengan nomor internasional yang tidak pernah anda lakukan.

3. Atau tidak ada pesan atau telepon sama sekali
Ketika seseorang sudah mengontrol perangkat anda, dia bisa juga membuat telepon dan pesan singkat berlabuh pada ponsel kloningannya sehingga anda tidak lagi menerima telepon atau SMS sama sekali.

4. Lokasi perangkat berbeda pada Find My Device
Dengan memakai Find My Device, anda bisa mengetahui di mana perangkat anda berada. Jika ponsel berada di lokasi yang bahkan tidak pernah anda kunjungi, ini adalah tanda yang harus diwaspadai.

Leave a Reply