Home Tips & Trick Cara Menyembunyikan Data Atau Aplikasi Penting di Android

Cara Menyembunyikan Data Atau Aplikasi Penting di Android

75
0

Meskipun smartphone adalah barang pribadi, namun bukan tidak mungkin isi di dalam nya dapat diketahui orang lain. Ada kalanya ketika kakak, adik, saudara atau teman meminjam ponsel kita untuk menelepon, namun justru membongkar-bongkar isi ponsel kita. Bagi sebagian orang, ada beberapa hal rahasia yang kadang mereka simpan di ponsel.

Untuk menghindari hal yang tak di inginkan tersebut, ada cara apik yang bisa kita lakukan salah satunya adalah dengan menyembunyikan data-data penting atau aplikasi tersebut. Berikut cara menyembunyikan data dan aplikasi penting di android.

Contents

1. Gunakan fitur “Multiple Users”

Ini, mungkin, adalah cara termudah untuk menyembunyikan aplikasi di Android, berikut dengan data-datanya. Cara ini dipastikan bakal berjalan di stock Android atau Android murni. Meski begitu, beberapa Android yang dimodifikasi sudah dibekali juga dengan fitur ini.

Yang dimaksud dengan Android yang dimodifikasi adalah OS Android murni yang mengalami beberapa modifikasi. Biasanya fungsi dasar dari OS Android tetap ada, ditambah dengan fitur-fitur tambahan ciri khas sebuah vendor. Tampilan antarmukanya pun sedikit beda.

Nah, dengan memanfaatkan guest account yang ada di fitur “Multiple Users” kamu bisa menyembunyikan aplikasi dan aplikasi yang ada. Saat kamu mau meminjamkan smartphone kamu ke orang lain, nyalakan saja Guest Account yang ada di “Multiple Users” ini.

Guest Account membuat HP menjadi seperti baru dan dinyalakan pertama kalinya. Jadi, hanya ada aplikasi bawaan dan tanpa data apapun. Tidak ada akun yang di-sign in. Selain itu, kamu juga bisa memilih apakah teman atau Guest Account bisa melakukan panggilan telepon atau tidak.

Memiliki akun kedua juga akan baik bagi kamu yang suka meminjamkan smartphone ke orang yang sama. Ini juga bisa digunakan oleh orang tua yang suka meminjamkan HP ke anaknya.

Cara untuk menyalakan fitur ini cukup mudah. Kamu tinggal ke Setting > System > Advanced > Multiple Users.

2. Menggunakan fitur “sembunyi” bawaan dari HP

Masih ingat soal Android modifikasi yang dibahas di poin sebelumnya? Ya, sebuah vendor bisa saja menambahkan fitur tambahan di atas Android dasar.

Nah, ada beberapa vendor yang menambahkan fitur untuk menyembunyikan file atau aplikasi. Salah satunya adalah Samsung. Perusahaan Korea Selatan itu punya fitur bernama Secure Folder untuk itu. Honor juga punya fitur serupa yang dinamakan Private Space.

Untuk mengatur aplikasi atau file apa yang bisa disembunyikan di perangkat Galaxy, tinggal pilih Settings > Biometrics and security > Secure Folder. Kemudian, kamu bisa mengatur PIN, jadi setiap orang yang harus memasukkan kode untuk membuka tempat “rahasia” itu.

3. Menggunakan aplikasi tambahan

Ada begitu banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa mengizinkan kamu untuk menyembunyikan aplikasi di Android. Meski banyak, cara bekerjanya sebenarnya sedikit berbeda.

Contohnya, aplikasi Calculator Vault. Ini sebenarnya aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi, tetapi punya tampilan seperti aplikasi kalkulator. Harapannya, orang yang membuka aplikasi ini akan tertipu, mengira ini sebenarnya merupakan aplikasi kalkulator, padahal sebenarnya penyimpan aplikasi.

Baca: 8 Aplikasi Kamera Terbaik Untuk Smartphone Android

Aplikasi lain yang direkomendasikan adalah Apex Launcher. Ini sebenarnya aplikasi launcher, tetapi memiliki fungsi untuk mengamankan folder dengan password. Jadi, saat kamu ingin membuka folder tersebut, kamu harus menggunakan password.

Ada juga aplikasi lain yang dinamakan AppLock. Aplikasi ini juga seperti Apex Launcher, mengizinkan kamu memasang password untuk membuka folder tertentu.

Nah, itulah beberapa langkah untuk menyembunyikan aplikasi di Android. Apakah kamu punya cara lain?